Implementasi Metode Finite State Machine Pada Permainan “Mamath – Runner Math”

  • Ardhia Pramesti Tasya Lutfiyanti Universitas Negeri Surabaya
  • Paramitha Nerisafitra Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Beberapa siswa mengalami kesulitan dalam memahami dan menghitung, terutama perkalian. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran adaptif dan visualisasi dapat membantu siswa meningkatkan kemampuan mereka dalam memahami dan memecahkan masalah matematika. Selain itu faktor-faktor seperti sikap, minat belajar, motivasi, kebiasaan belajar, perhatian orang tua, hubungan guru-siswa, kedisiplinan, dan kondisi belajar juga mempengaruhi kesulitan belajar siswa dalam belajar matematika. 

Untuk membantu meningkatkan minat siswa dalam belajar matematika, telah dikembangkan teknologi seperti materi pembelajaran berbasis permainan. Game edukasi adalah jenis permainan yang memadukan unsur pembelajaran. Permainan ini dirancang untuk meningkatkan konsentrasi siswa dan merangsang berpikir dalam memahami topik yang diajarkan. Dalam pengembangan game, metode Finite State Machine digunakan sebagai perilaku sistem menggunakan konsep keadaan, peristiwa, dan tindakan. Cara ini membantu menjaga kesinambungan permainan dan mengatur tingkat kesulitan yang tepat.

Penelitian sebelumnya telah mengimplementasikan pendekatan Finite State Machine dalam pengembangan game dan aplikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode Finite State Machine dapat memberikan pengalaman belajar yang baik bagi pengguna. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan game Mamath - Runner Math dengan menggunakan metode Finite State Machine. Game ini akan menjadi sarana yang efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi matematika khususnya pada operasi perkalian. Dengan demikian, diharapkan generasi menjadi lebih mampu dan percaya diri untuk menghadapi tantangan dunia matematika dan teknologi yang selalu berubah. 

Kata Kunci— Matematika, Visualisasi, Game, Metode, FSM.

Published
2023-08-21
Section
Articles
Abstract Views: 21
PDF Downloads: 14