Rancang Bangun Ulang Website Learning Management System PT Berau Coal Menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus: Sintesis+)

  • Dhani Ahmad Yusuf Universitas Negeri Surabaya
  • Anita Qoiriah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak — Dalam penelitian ini, dilakukan perancangan ulang Learning Management System (LMS) PT. Berau Coal menggunakan metode Design Thinking. Metode ini digunakan untuk menghasilkan sistem yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Pendekatan dalam Design Thinking membantu memahami secara mendalam tantangan dan harapan pengguna, yang menjadi fokus utama penelitian ini. Penelitian ini melibatkan 5 tahap, yaitu Emphatize, Define, Ideate, Prototype, dan Test.

Setelah merancang ulang website LMS Sintesis+ dengan pendekatan design thinking, penelitian ini juga melakukan pengujian dengan menggunakan pengukuran System Usability Scale (SUS). Metode pengukuran SUS digunakan untuk mengevaluasi kegunaan dan ketergantungan sistem yang dirancang ulang. Pengukuran dilakukan dengan melibatkan 20 responden yang merupakan partisipan dalam penelitian ini. Hasil pengukuran SUS akan memberikan gambaran yang jelas tentang tingkat kepuasan dan ketergantungan pengguna terhadap sistem yang telah direvisi.

Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam perbaikan dan peningkatan pengalaman pengguna dalam menggunakan LMS Sintesis+ PT Berau Coal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah implementasi perubahan, skor usabilitas website LMS meningkat secara signifikan, dari 58,4 menjadi 78,5. Peningkatan ini mencerminkan kemajuan yang signifikan dalam kemudahan penggunaan dan kenyamanan bagi pengguna dalam mengakses dan berinteraksi dengan sistem. Hasil akhir penelitian ini memberikan kontribusi positif terhadap efisiensi dan efektivitas penggunaan website LMS PT. Berau Coal serta meningkatkan pengalaman belajar online di perusahaan ini.

 

Kata Kunci— Learning Management System, Berau Coal, Design Thinking. Sintesis, Rancang Bangun Ulang

Published
2023-10-04
Section
Articles
Abstract Views: 61
PDF Downloads: 40