Membangun Search Engine “Caari” dengan Metode Term Frequency Invers Document Frequency (TF-IDF) dan Rekomendasi Simple Multi Attribute Rating Techique (SMART)

  • Siti Rosalina Universitas Negeri Surabaya
  • Naim Rochmawati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Search engine merupakan sebuah website atau perangkat  lunak yang dibangun dengan tujuan membantu pengguna untuk mencari informasi di internet. Tidak semua search engine   memberikan hasil yang relevan sehingga pengguna tidak menemukan informasi secara cepat dan akurat. Kecenderungan pengguna mengklik hasil halaman pertama membuat perangkingan hasil dapat meningkatkan relevansi informasi yang diinginkan pengguna. Maka dari itu dibuatlah sebuah sebuah search engine  “Caari” dengan metode Term Frequency Inverse Document Frequency (TF-IDF)  dan rekomendasi Simple Multi Attribute Rating Technique (SMART) untuk meningkatkan relevansi hasil pencarian. Melalui User Acceptance Test (UAT) kepada 100 responden, sebanyak 85% responden berpendapat bahwa search engine dapat berjalan dengan baik. Selain itu berdasarkan hasil pengujian performa menggunakan GTMetrix diperoleh persentase sebesar 97%, Sehingga dapat disimpulkan bahwa search engine ini relevan dan layak untuk digunakan.

 

Kata Kunci— search engine, Term Frequency Inverse Document Frequency (TF-IDF), Simple Multi Attribute Rating Technique (SMART), relevan, performa.

Published
2023-12-20
Section
Articles
Abstract Views: 42
PDF Downloads: 32