Analisis Kinerja Dan Implementasi Load Balancing Menggunakan Metode PCC (Per Connection Classifier) Pada SMP Negeri 53 Surabaya

  • Achmad Wasi'ul Fiqri Universitas Negeri Surabaya
  • Aditya Prapanca Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak Di era globalisasi saat ini, internet telah menjadi kebutuhan yang esensial untuk mendukung kehidupan sehari-hari dalam mencari berbagai informasi. Namun, untuk sepenuhnya merasakan manfaatnya, diperlukan kinerja jaringan internet yang handal. SMP Negeri 53 Surabaya memiliki layanan internet yang cukup mumpuni, tetapi internet yang sudah tersedia belum dimaksimalkan. Oleh karena itu, untuk memaksimalkan kinerja jaringan internet, perlu dilakukan implementasi load balancing menggunakan metode PCC (Per Connection Classifier). Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data seperti studi pustaka, observasi, dan studi literatur yang bertujuan untuk mengetahui kondisi lapangan yang sebenarnya serta menganalisis kebutuhan perangkat lunak maupun perangkat keras yang diperlukan dalam penerapan load balancing metode PCC.

Hasil pengujian menunjukkan bahwa implementasi load balancing menggunakan metode PCC (Per Connection Classifier) berjalan sangat baik dalam membagi jalur koneksi, dan jika ada pemutusan pada salah satu jalur interface, maka akan berpindah secara otomatis ke interface yang masih aktif tanpa adanya kendala. Analisis pada parameter Quality of Service (QoS) menunjukkan bahwa hasil rata-rata nilai yang didapat sebelum penerapan sistem load balancing metode PCC sudah bagus, dan setelah penerapan load balancing metode PCC mendapatkan hasil yang bagus juga sesuai standarisasi dari TIPHON. Namun, setelah diterapkan sistem load balancing menggunakan metode PCC (Per Connection Classifier), sistem menghasilkan nilai yang lebih dominan bagus dibandingkan sebelumnya.

 

Kata Kunci— Load Balancing, PCC, Quality of Service, TIPHON.

Published
2024-01-09
Section
Articles
Abstract Views: 34
PDF Downloads: 75