Sistem Pendukung Keputusan Kelayakan Penerima Beasiswa PPA Menggunakan Metode ROC dan MAUT Berbasis Website

  • Moch Fatichur Rohman Universitas Negeri Surabaya
  • Bonda Sisephaputra Universitas Negeri Surabaya

Abstract

AbstrakPermasalahan yang dihadapi dalam dunia pendidikan tinggi adalah bagaimana mengambil keputusan yang akurat dan efisien dalam pemilihan penerima beasiswa Program Peningkatan Prestasi Akademik (PPA). Kriteria penilaian yang relevan dan signifikan menjadi fokus utama dalam menghadapi permasalahan ini. Penentuan kriteria yang tidak tepat dapat mengakibatkan ketidakefisienan dalam seleksi penerima beasiswa, sementara pemilihan kriteria yang sesuai akan meningkatkan tingkat keadilan dalam alokasi dana beasiswa.

Mengembangkan sebuah sistem pendukung keputusan yang dapat diakses melalui internet dianggap sebagai solusi untuk masalah ini. Untuk mengevaluasi dan merangkai kelayakan penerima beasiswa PPA, sistem ini akan menggunakan metode Rank Order Centroid (ROC) dan Multi-Attribute Utility Theory (MAUT). Dengan demikian, komite seleksi beasiswa akan dapat dengan mudah menginputkan data mahasiswa, mengatur kriteria penilaian, dan menghasilkan peringkat kelayakan.

Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan sebuah sistem pendukung keputusan berbasis website untuk seleksi calon penerima beasiswa PPA menggunakan metode Rank Order Centroid (ROC) dan Multi-Attribute Utility Theory (MAUT). Beasiswa PPA adalah program yang memberikan dukungan finansial kepada mahasiswa berprestasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kedua metode, yaitu Rank Order Centroid (ROC) dan Multi-Attribute Utility Theory (MAUT), telah berhasil digabungkan untuk menghasilkan kelayakan calon penerima beasiswa Program Peningkatan Prestasi Akademik (PPA). Proses penggabungan ini telah diuji melalui pengujian blackbox yang mencakup berbagai skenario. Penggabungan metode dilakukan dengan cermat, mempertimbangkan kekurangan dan kelebihan masing-masing metode, serta bobot kriteria yang telah ditentukan.

 

Kata Kunci— Sistem Pendukung Keputusan, Rank Order Centroid, Multi-Attribute Utility Theory, Beasiswa PPA.

Published
2024-01-09
Section
Articles
Abstract Views: 38
PDF Downloads: 27