Pengaruh Refactoring Terhadap Tingkat Pemeliharaan Perangkat Lunak Pada Aplikasi Permainan "Infection Defender"

  • Siti Halimatus Sadiyah Universitas Negeri Surabaya
  • Anita Qoiriah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Dalam era kemajuan teknologi yang pesat, sistem perangkat lunak semakin kompleks, menghadirkan tantangan dalam meminimalisir efek sampingnya. Kualitas perangkat lunak menjadi fokus penting, dan salah satu atribut kualitas yang relevan adalah maintainability (kemampuan pemeliharaan). Penelitian ini mengkaji pengaruh teknik refactoring terhadap tingkat pemeliharaan perangkat lunak, dengan menggunakan aplikasi permainan “infection defender” sebagai objek penelitian. Refactoring dianggap kunci dalam meningkatkan struktur kode. tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh dari teknik refactoring terhadap tingkat pemeliharaan perangkat lunak.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Tahapan ataupun proses yang digunakan dalam penelitian ini sesuai model DSRM (Design Science Research Methodology) yang diajukan oleh Peffers. Sebelum dilakukannya refactoring yakni melakukan pengelompokkan code smell sesuai dengan buruknya kode yang terdeteksi. Selanjutnya di dapatkan hasil refactoring dengan menggunakan beberapa teknik yang berbeda dan dilakukan pengukuran nilai tingkat pemeliharaan perangkat lunak berdasarkan nilai metriknya yaitu maintainability index, cyclomatic complexity, depth of inheritance, class coupling, lines of source code dan lines of executable code.

Hasil implementasi dan pengujian dapat diperoleh kesimpulan bahwa penerapan teknik refactoring berdasarkan nilai metrik dapat meningkatkan kualitas perangkat lunak dan mengurangi serta menghindari adanya terjadi bug dengan selisih nilai + 3,5%.

 

Kata Kunci— Refactoring, Maintainability, kualitas perangkat lunak, code smell.

Published
2024-01-19
Section
Articles
Abstract Views: 16
PDF Downloads: 15