Penerapan Teknologi Markerless Augmented Reality pada Aplikasi Katalog Furniture

  • Ivang Alingga Universitas Negeri Surabaya
  • I Made Suartana Universitas Negeri Surabaya

Abstract

AbstrakFurniture (mebel) atau perabot rumah tangga merupakan peralatan dan barang-barang yang ada di dalam rumah untuk digunakan oleh penghuni rumah. Salah satu media promosi yang sering dipakai oleh pelaku usaha furniture adalah dengan memanfaatkan media katalog online. Akan tetapi ketakutan dari calon konsumen adalah ketidaksesuaian antara gambar yang ditampilkan dengan barang asli. Selain itu calon pembeli juga tidak bisa mencoba mengaplikasikan barang tersebut di dalam rumah untuk melihat kecocokan barang tersebut dengan interior rumah. Oleh sebab itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat suatu aplikasi katalog furniture  menggunakan Augmented Reality Markerless Based agar bisa berjalan pada platform mobile.

Proses pembuatan aplikasi diawali dengan mengidentifikasi masalah. Dalam prosesnya, pembuatan aplikasi ini menggunakan metode pengembangan aplikasi Multimedia Development Life Cycle. Proses pembuatan aplikasi diawali dengan menentukan Concept aplikasi. Dilanjutkan dengan tahap Design, yaitu menentukan struktur navigasi, flowchart, dan storyboard yang berisi apa saja yang diperlukan pada tahap selanjutnya. Tahap selanjutnya adalah Material Collecting, dimana penulis megumpulkan material apa saja yang diperlukan, sesuai dengan storyboard. Jika sudah, tahap selanjutnya adalah Assembling dimana semua material disusun sedemikian rupa menggunakan software Unity dan Vuforia hingga menjadi aplikasi. Langkah selanjutnya adalah tahap uji coba yang dibagi menjadi 2, yaitu functional testing dan uji kestabilan 3D object. Hasil dari functional testing menyatakan bahwa semua komponen berfungsi sebagaimana mestinya. Pada uji kestabilan, terdapat 3 parameter yang digunakan yaitu lux, jarak dan sudut. Dari hasil pengujian diketahui bahwa aplikasi bekerja secara optimal pada pencahayaan ruang tamu siang hari dengan lampu (634 lx) dengan akurasi 90%. Disusul pengujian pada pencahayaan sinar matahari langsung (3052 lx) dengan akurasi 75%. Skor ketiga ada pada pencahayaan ruang tamu siang hari tanpa lampu (259 lx) dengan akurasi 75%. Dan yang terakhir adalah pengujian pada ruangan remang-remang (81 lx) dengan akurasi 45%.

 

 

Kata Kunci - Markerless augmented reality, furniture,  multimedia development life cycle, unity 3d, vuforia engine

Published
2024-01-19
Section
Articles
Abstract Views: 17
PDF Downloads: 22