Pengembangan Web SSO Unesa Dengan Penambahan Colourblind Mode Menggunakan Algoritma Berbasis Hue and Saturation

  • Mohammad Mirza Universitas Negeri Surabaya
  • Aditya Prapanca Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak Penelitian ini mengulas tentang buta warna, suatu kondisi di mana seseorang tidak dapat membedakan warna tertentu yang dapat dibedakan oleh mata normal. Kondisi ini dapat disebabkan oleh kelainan genetika sejak lahir atau akibat penggunaan obat-obatan. Umumnya diderita oleh laki-laki, sementara wanita hanyalah sebagai pembawa gen resesif. Buta warna dapat dibagi menjadi tiga jenis: monokromasi, dikromasi, dan anomali trikromasi. Penderita buta warna dapat mengalami kesulitan membedakan warna merah, hijau, biru, dan kuning.

Perbedaan ini disebabkan oleh kerusakan pada sel kerucut mata atau faktor genetik. Wanita pembawa gen buta warna, meskipun secara fisik tidak mengalami kelainan, dapat menurunkan faktor buta warna kepada anaknya. Beberapa obat dan faktor lingkungan juga dapat menyebabkan buta warna pada perempuan. Pentingnya topik ini dalam desain UI (User Interface) adalah bahwa kebutaan warna dapat memengaruhi pengalaman pengguna, dengan kesulitan membaca teks, memahami tampilan grafis, atau menavigasi UI jika warna yang digunakan tidak kontras. Desain inklusif, seperti colorblind mode, dapat membantu meningkatkan aksesibilitas.

Penelitian ini mencakup pengembangan Colour Blind Mode pada web SSO UNESA dengan menggunakan algoritma berbasis Hue and Saturation. Algoritma ini membantu mengidentifikasi masalah dalam penggunaan sistem oleh individu dengan kebutaan warna. Evaluasi dilakukan menggunakan System Usability Scale (SUS) untuk mengukur tingkat usability dan kepuasan pengguna terhadap desain baru. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan solusi untuk meningkatkan aksesibilitas dan pengalaman pengguna bagi individu dengan kebutaan warna di web SSO UNESA.

 

Kata Kunci— Buta Warna, Colorblind Mode, Algoritma Hue and Saturation, System Usability Scale (SUS), Aksesibilitas UI (User Interface)

Published
2024-02-06
Section
Articles
Abstract Views: 12
PDF Downloads: 14