Api First Development Portal Informasi Produk Umkm Kerupuk Di Kecamatan Tulangan, Kabupaten Sidoarjo Berbasis Microservices

  • Muhammad Yusriza Ardiansyah Universitas Negeri Surabaya
  • Ricky Eka Putra Universitas Negeri Surabaya

Abstract

UMKM kerupuk di Kecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjo memiliki banyak produk kerupuk. Salah satu produk UMKM yang menjadi ikonik adalah usaha rumahan yang menghasilkan aneka ragam kerupuk melalui proses pengolahan. Namun dalam hal ini masih memiliki salah satu hal yang kurang diperhatikan, yaitu dalam pemasaran dan promosi. Penyampaian informasi dilakukan melalui berbagai macam jenis media. Peneliti memilih media WebAPI untuk memberikan informasi yang bersifat publik serta dapat diakses dan dikelola oleh publik. Peneliti merancang sistem layanan informasi berbasis API yang menyediakan data produk kerupuk olahan UMKM di Kecamatan Tulangan, Kabupaten Sidoarjo. Sistem tersebut dapat diakses oleh user yang terdaftar untuk mendapatkan informasi produk. User yang telah terdaftar juga dapat berkontribusi untuk mengelola produk kerupuk oleh masing-masing user. Pengembangan sistem layanan informasi kerupuk menggunakan metode API first development digunakan agar pengembangan tersebut dilakukan secara terfokus dengan kebutuhan fungsional sistem.

Berdasarkan penelitian yang sudah dilaksanakan, dengan mengambil dari banyaknya data yang diuji coba hingga membantu berjalannya bisnis kerupuk, pengembangan layanan sistem informasi berbasis WebAPI. Karena pada UMKM terdapat beberapa produk kerupuk unggulan, peneliti membuat sistem layanan informasi yang dapat membantu memberikan detail informasi kerupuk produksi UMKM kepada klien/user yang mengakses sistem tersebut dengan WebAPI. Pertimbangan penggunaan arsitektur microservice agar sistem dapat terisolasi dan berfokus pada modul tertentu. Dengan arsitektur microservice, ketika terdapat pengembangan selanjutnya baik minor maupun  major  dapat dilakukan secara parsial ataupun paralel. Pengembangan dengan menerapkan API first juga dilakukan dengan tujuan tercapainya produk WebAPI sehingga pengembangan layanan agar terbangun sesuai kebutuhan.

Kata Kunci – UMKM, Web API, Microservices, CNN, API First Developments.

Published
2024-02-20
Section
Articles
Abstract Views: 7
PDF Downloads: 3