Game Edukasi Side-Scrolling Platformer “Petualangan Alfabet” Pengenalan Huruf Untuk Anak Usia 3 -5 Tahun Berbasis Dekstop Dengan Metode Linear Congruent
DOI:
https://doi.org/10.26740/jinacs.v6n01.p85-95Abstract
Abstrak— Perkembangan bahasa pada anak usia 3 sampai 5 tahun merupakan tujuan penting pendidikan. Guru memiliki peran signifikan dalam membantu anak mengembangkan kemampuan berbahasa. Seiring perkembangan teknologi, media seperti game edukasi dapat membantu dalam mengembangkan kemampuan bahasa anak. Salah satu game edukasi yang dikembangkan adalah berjudul "Petualangan Alfabet", sebuah game 2D side-scrolling platformer yang mengajak pemain berpetualang sambil mengumpulkan huruf. Game ini tidak hanya menghibur tetapi juga memberikan pengalaman belajar interaktif, membantu anak mengenal huruf, bunyi, dan hubungan antara bunyi dan bentuk huruf. Selain mengumpulkan huruf, game ini juga dilengkapi dengan kuis untuk melanjutkan ke level berikutnya. Metode pengembangan yang digunakan adalah MDLC (Multimedia Development Life Cycle) versi Luther Sutopo dengan perangkat lunak Unity versi 2022.3.3f1 (LTS). Pengujian data dilakukan menggunakan SPSS Statistics 23. Algoritma Linear Congruence Method (LCM) digunakan untuk menghasilkan pertanyaan kuis acak yang beragam, dan hasil pengujian menunjukkan distribusi soal yang normal (H0 diterima). Pengujian pre-test dan post-test pada 15 sampel menunjukkan distribusi data mendekati normal dengan nilai Kolmogorov-Smirnov dan Shapiro-Wilk yang sesuai (Pre-Test: p = 0.200*, p = 0.140; Post-Test: p = 0.128, p = 0.082). Hasil kuesioner dari 10 responden menunjukkan bahwa game ini layak dengan nilai persentase sangat baik sebesar 80%. Pengujian black box menunjukkan program berjalan dengan baik dan sesuai dengan spesifikasi yang diharapkan.
Kata Kunci— Perkembangan Bahasa, Anak Usia Dini, Game Edukasi, Petualangan Alfabet, MDLC (Multimedia Life Cycle Development), LCM (Linear Congruent Method), Unity, SPSS, Desktop.
Downloads

