Implementasi dan Analisis Immersive Web Berbasis WebGL untuk Anak Belajar Mengenal Objek Dengan Tensorflow JS
DOI:
https://doi.org/10.26740/jinacs.v6n03.p711-719Abstract
Abstrak— Perkembangan teknologi informasi yang pesat telah mendorong inovasi dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Meskipun web browser telah lama digunakan sebagai media edukasi, pendekatan tradisional yang dominan berupa teks seringkali kurang efektif, terutama dalam mendukung pembelajaran anak usia dini yang memerlukan stimulasi aksi dan motorik. Untuk menjawab tantangan ini perlu adanya pengkajian lebih lanjut sebagai alternatif dari media edukasi pendekatan tradisional, Pengembangan sistem edukasi berbasis web yang immersive memungkinkan untuk menjadi jawaban alternatif kebutuhan media edukasi dengan pendekatan tradisional hal ini mampu diwujudkan melalui teknologi visualisasi dan interaksi. Salah satu teknologi yang mendukung hal tersebut adalah teknologi visualisasi 3D dengan React Three Fiber, sementara interaksi berbasis pendeteksian objek dapat dicapai menggunakan machine learning dengan TensorFlow JS. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem edukasi berbasis web yang dikembangkan berhasil menciptakan pengalaman immersive yang stabil pada berbagai perangkat. Pengujian kinerja rata-rata dilakukan pada perangkat laptop yang mendukung GPU dan smartphone tanpa GPU, dengan waktu respons rata-rata sebesar 8.000ms. Sistem ini mampu mendeteksi objek dan menjalankan aplikasi dengan baik, baik pada perangkat yang menggunakan GPU maupun CPU. ini menunjukkan bahwa sistem mampu memberikan pengalaman interaktif yang stabil dan efektif, sesuai dengan tujuan awal penelitian.
Kata Kunci— Media Edukasi, Performa Website, Machine Learning, Immersive web, React Three Fiber, TensorflowJs
Downloads

