Perancangan Sistem Pencarian Ontologi Pendidikan Dengan Metode Speech Recognition dan Metode Linear Search Berbasis Web

Authors

  • Aditya Eka Pratama Universitas Negeri Surabaya
  • Agus Prihanto Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jinacs.v6n03.p815-822

Abstract

Abstrak— Beberapa masalah dapat diidentifikasi. Pertama, kompleksitas informasi menjadi tantangan utama. Terdapat beragam informasi yang meliputi struktur kurikulum, konsep pembelajaran, kegiatan ekstrakurikuler, dan metode pengajaran. Pengguna sering mengalami kesulitan dalam menyaring dan mendapatkan informasi yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Kedua, aksesibilitas menjadi masalah penting. Tidak semua pengguna memiliki kemampuan yang sama dalam menggunakan metode pencarian tradisional, terutama mereka yang memiliki keterbatasan fisik atau kesulitan dalam mengetik. Ketiga, kecepatan dan efisiensi merupakan faktor penting dalam sistem pencarian ontologi pendidikan sekolah. Tujuan penelitian ini yaitu pengguna mengharapkan hasil pencarian yang cepat dan efisien untuk memperoleh informasi yang diperlukan. Oleh itu, sistem pencarian harus memberikan respons yang cepat dan mampu mengelola informasi dengan efisien. Hasil penelitian didapatkan yaitu sistem informasi berbasis web yang dirancang mengintegrasikan data ontologi sekolah sebagai sebuah platform untuk memfasilitasi akses terhadap informasi-informasi yang relevan dengan sekolah. Dengan menggunakan ontologi, sistem ini memungkinkan pengguna untuk mengakses informasi dengan lebih mudah dan sistematis melalui media online. Implementasi Linear Search mendukung proses pencarian kata pada platform web, sementara Speech Recognition membantu kemudahan pengguna dalam melakukan pencarian. Kedua metode ini dirancang untuk bekerja bersama dalam meningkatkan pengalaman pengguna dengan akses yang lebih baik terhadap informasi yang dibutuhkan.

 

Kata Kunci: Sistem Pencarian, Ontologi Pendidikan, Speech Recognition, Linear Search.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-01-30

Issue

Section

Articles
Abstract views: 73 , PDF Downloads: 60