Perancangan Ulang Desain UI/UX pada Aplikasi Tropica Menggunakan Metode Double Diamond
Abstract
Abstrak— Disrupsi teknologi telah mendorong beberapa perubahan besar dari berbagai macam sektor, salah satunya sektor pengembangan aplikasi mobile. Keberadaan aplikasi mobile tidak lepas dari hadirnya User Interface (UI) dan User Experience (UX) didalamnya agar sistem dapat berkomunikasi dengan user. Namun, aplikasi Tropica yang bertemakan tentang katalog dunia aquascape sedang mengalami beberapa permasalahan pada bagian UI/UX-nya, diantaranya keberadaan fitur filter yang kurang familiar dan tidak sesuai dengan Jakob’s Law sehingga waktu pengoperasian menjadi kurang efektif, hal ini tidak sesuai dengan Hick’s Law, serta kurangnya kejelasan jarak antara komponen satu dengan lainnya yang melanggar Gestalt Principle yang tentu hal ini berdampak buruk bagi pengalaman pengguna, seperti yang sudah tertulis dalam aturan ISO 9421 tentang interaksi manusia dengan komputer. Oleh karena itu dilakukan penelitian untuk menawarkan sebuah redesain tampilan UI dengan menggunakan metode Double Diamond. Metode ini berfokus pada eksplorasi masalah, pengembangan solusi, serta evaluasi dengan menggunakan metode Heuristic Evaluation. Proses perancangan ulang ini bertujuan untuk memberikan sebuah rekomendasi desain berupa prototype UI yang lebih efektif, efisien, serta sesuai dengan kaidah UX Law sehingga dapat meningkatkan kenyamanan pengguna terhadap aplikasi Tropica. Berdasarkan pengujian Heuristic Evaluation, penelitian ini menghasilkan tampilan antarmuka baru yang telah disesuaikan dengan kaidah UX Law walaupun masih terdapat beberapa permasalahan minor didalamnya.
Kata Kunci— UI/UX, Perancangan ulang, Heuristic evaluation, Double Diamond, UX Law.
Downloads

