Implementasi Algoritma Fuzzy Tsukamoto Sebagai Penentuan Skor dalam Game Pengenalan Alat Musik Tradisional di Indonesia

Authors

  • Timothy Benedict Benedict Universitas Negeri Surabaya
  • Paramitha Nerisafitra Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jinacs.v7n01.p262-266

Abstract

Abstrak— Indonesia merupakan negara yang kaya akan warisan budaya, termasuk alat musik tradisional yang tersebar di berbagai daerah. Namun, modernisasi dan globalisasi menyebabkan menurunnya minat serta kepedulian terhadap pelestarian alat musik tradisional. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah game edukatif berbasis Android sebagai media pengenalan alat musik tradisional Indonesia kepada generasi muda. Dalam sistem penilaian game, diterapkan algoritma Fuzzy Tsukamoto sebagai penentu skor akhir berdasarkan empat variabel input, yaitu waktu penyelesaian, jumlah nyawa tersisa, penggunaan bantuan, dan jumlah jawaban benar. Skor akhir direpresentasikan dalam bentuk bintang dengan rentang 0 hingga 3. Proses pengembangan dilakukan melalui tahapan perancangan, implementasi, dan pengujian. Pengujian sistem dilakukan dengan metode black box testing serta uji coba akurasi logika fuzzy terhadap 81 aturan fuzzy yang dirancang. Hasil menunjukkan bahwa algoritma Fuzzy Tsukamoto mampu bekerja secara optimal dalam memberikan keputusan berbasis nilai fuzzy yang kompleks dan tidak linier. Aplikasi ini diharapkan dapat menjadi media alternatif yang interaktif dan menyenangkan dalam mengenalkan serta melestarikan alat musik tradisional Indonesia di era digital.

 

Kata Kunci— Fuzzy Tsukamoto, game edukasi, alat musik tradisional, pelestarian budaya, penilaian skor, blackbox testing.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-08-07

Issue

Section

Articles
Abstract views: 29 , PDF Downloads: 29