Aplikasi Evaluasi dan Rekomendasi Performa Atlet Woodball Berbasis Mobile

Authors

  • M. Aziz Rizaldi Universitas Negeri Surabaya
  • Yuni Yamasari Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak— Evaluasi performa atlet woodball yang dilakukan secara manual menggunakan lembar skor dinilai kurang memadai dan objektif, terutama dalam menganalisis aspek detail seperti akurasi pukulan atau skor pada gate tersulit. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi mobile guna mendigitalisasi proses penilaian dan evaluasi performa atlet woodball melalui integrasi model matematis. Aplikasi ini juga bertujuan menentukan parameter performa yang relevan (skor total, akurasi pukulan, skor gate tersulit), menganalisis dukungannya terhadap peningkatan performa, memberikan wawasan kepada pelatih, serta mengevaluasi penggunaannya. Aplikasi dikembangkan menggunakan platform FlutterFlow dengan bahasa Dart dan mengadopsi metode pengembangan Fountain. Model matematis dengan pembobotan untuk Skor Total (40%), Akurasi Pukulan (35%), dan Skor Gate Tersulit (25%) diimplementasikan untuk menghitung Overall Score (OScore). Data penelitian dikumpulkan dari atlet woodball di Surabaya melalui observasi, wawancara, dan kuesioner, selanjutnya aplikasi dievaluasi menggunakan pengujian White-Box pada fungsi accuracy() dan overallScore() serta Black-Box yang melibatkan 3  pelatih dan 10 atlet. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi mobile yang dikembangkan berhasil dibangun dan terintegrasi secara fungsional dengan model matematis yang dirancang. Pengujian sistem membuktikan bahwa aplikasi ini efektif dalam membantu pelatih dan atlet mencatat serta mengevaluasi performa secara akurat dan efisien, sekaligus bermanfaat menggantikan metode pencatatan manual dengan penilaian yang lebih objektif dan terstandarisasi. Berdasarkan penelitian, disarankan adanya pengembangan modul rekomendasi latihan personal, pendalaman parameter evaluasi kontekstual, peningkatan fitur interaksi pelatih-atlet, serta implementasi deteksi anomali performa berbasis machine learning untuk pengembangan aplikasi selanjutnya.

 

Kata Kunci: Evaluasi Performa, Atlet Woodball, Aplikasi Mobile, Model Matematis, FlutterFlow.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-29

Issue

Section

Articles
Abstract views: 5 , PDF Downloads: 1