Analisis Penerapan Aplikasi Absensi Guru Berbasis Android Menggunakan Metode System Usability Scale (SUS) (Studi Kasus Aplikasi Siapik Dapodik di Kabupaten Magetan)

Authors

  • Mas Arya Bhisma Rangga Douval Saputra Universitas Negeri Surabaya
  • Yuni Yamasari Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jinacs.v7n01.p185-196

Abstract

Abstrak— Aplikasi kehadiran guru berbasis Android Siapik Dapodik yang digunakan oleh guru ASN (PNS dan PPPK) di Kabupaten Magetan masih menghadapi sejumlah kendala dalam penggunaannya. Beberapa permasalahan yang ditemukan di lapangan antara lain gangguan saat proses login dan logout, tidak adanya informasi batas waktu presensi pada menu kehadiran, serta ketidakmampuan pengguna untuk melihat kembali bukti persyaratan izin yang telah diunggah. Permasalahan tersebut menunjukkan adanya potensi penurunan kualitas pengalaman pengguna dan efektivitas sistem secara keseluruhan. Adanya  evaluasi terhadap system ini secara menyeluruh terhadap tingkat usability aplikasi ini sangat diperlukan. Oleh karena itu, penelitian ini memfokuskan pada analisis tingkat usability dari aplikasi Siapik Dapodik dengan menggunakan metode System Usability Scale (SUS), yang mengevaluasi tiga aspek utama usability yaitu efektivitas, efisiensi, dan kepuasan pengguna. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner SUS dan task scenario kepada 60 responden dari jenjang TK, SD, dan SMP. Hasil analisis menunjukkan bahwa aplikasi memperoleh skor SUS rata-rata sebesar 75,16 yang tergolong dalam kategori “Baik” (Grade B). Pada aspek efektivitas, tingkat keberhasilan pengguna dalam menyelesaikan tugas mencapai 99,44%, sementara waktu rata-rata penyelesaian tugas (efisiensi) tercatat sebesar 5,87 detik. Berdasarkan temuan dan hasil analisis tersebut, penelitian ini menyusun sejumlah rekomendasi perbaikan sistem guna meningkatkan kualitas usability aplikasi di masa mendatang.

 

Kata Kunciusability, Siapik Dapodik, System Usability Scale, efektivitas, efisiensi, kepuasan pengguna.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-31

Issue

Section

Articles
Abstract views: 101 , PDF Downloads: 44