Evaluasi Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Digital Menggunakan Model ADDIE dan Usability Testing

Authors

  • Martini Dwi Endah Susanti Universitas Negeri Surabaya
  • Rindu Puspita Wibawa Universitas Negeri Surabaya
  • Ramadhan Cakra Wibawa Universitas Negeri Surabaya
  • Lanang Prismana Universitas Negeri Surabaya
  • Harun Al Rosyid Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak— Transformasi digital menuntut guru mampu mengembangkan media pembelajaran digital yang efektif, namun berbagai studi menunjukkan bahwa sebagian guru masih memiliki keterbatasan literasi teknologi. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi efektivitas pelatihan pengembangan media pembelajaran digital menggunakan model ADDIE serta menilai tingkat usability sistem melalui System Usability Scale (SUS). Penelitian menggunakan desain one-group pretest–posttest yang melibatkan 31 guru. Instrumen mencakup tes kompetensi, SUS, dan evaluasi produk media. Analisis data meliputi statistik deskriptif, uji normalitas, uji t berpasangan, dan perhitungan Cohen’s d. Skor pretest meningkat dari 46.7 menjadi 86.0 pada posttest, dengan nilai t(30) = 49.75, p < 0.0001, dan effect size d = 8.37 yang menunjukkan pengaruh sangat kuat. Nilai SUS sebesar 78.7 berada pada kategori Acceptable–Good, menandakan sistem mudah digunakan. Pelatihan berbasis model ADDIE terbukti sangat efektif meningkatkan kompetensi guru dan didukung oleh tingkat usability sistem yang baik. Program pelatihan serupa disarankan diterapkan pada konteks pendidikan lainnya.

 

Kata Kunci— ADDIE, SUS, digital, literasi, teknologi

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-10-01

Issue

Section

Articles
Abstract views: 3 , PDF Downloads: 4