https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/issue/feedJurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan2024-03-28T04:12:23+00:00Alimalimsumarno@unesa.ac.idOpen Journal SystemsJurnal Teknologi Pendidikan, ISSN:2252-3863, adalah jurnal ilmiah yang ditulis oleh civitas akademik Teknologi Pendidikan dan dikelola dan diterbitkan oleh Jurusan Teknologi Pendidikan FIP Universitas Negeri Surabaya (UNESA). Jurnal ini tersedia gratis untuk seluruh pembaca dan mencakup perkembangan dan penelitian dalam bidang teknologi pendidikan. <br /> <br /> <strong>Penanggungjawab</strong> : Dra. Sulistyowati, M.Pd ; <strong>Ketua Penyunting</strong> : Prof. Dr. Mustaji, M.Pd ; <strong>Wakil Ketua Penyunting</strong> : Moch Syaicudin, M.Pd ; <strong>Penyunting Pelaksana</strong> : Alim Sumarno, M.Pd ; Andi Kristanto ,M.Pd ; Khusnul Khotimah, M.Pd ; Utari Dewi, M.Pd<br /> <a href="http://issn.pdii.lipi.go.id/issn.cgi?daftar&1331193433&&&2012"></a>https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/58419PENGEMBANGAN VIDEO MOTION GRAPHIC PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATERI PRINSIP DESAIN PESAN VISUAL MATA KULIAH DESAIN PESAN S1 DEPARTEMEN TEKNOLOGI PENDIDIKANUNIVERSITAS NEGERI SURABAYA2024-01-17T04:51:57+00:00Andrian Ananta Ashariadrianananta.19064@mhs.unesa.ac.idkhusnul khotimah khotimahkhusnulkhotimah@unesa.ac.id<p>ABSTRAK<br>Tujuan penelitian pembuatan Video Pembelajaran Motion Graphic untuk mendorong hasil belajar mahasiswa pada<br>Materi Atensi mata kuliah Desain Pesan program Sarjana Departemen Teknologi Pendidikan Universitas Negeri<br>Surabaya.<br>Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE yang memiliki 5<br>tahapandiantaranya Tahap Analisis (Analyze), Tahap Desain (Design), Tahap Pengembangan (Development), Tahap<br>Implementasi (Implementation), Tahap Evaluasi (Evaluation). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah<br>kuesioner (angket), wawancara dan observasi. Sedangkan teknik analisis data angket kelayakan media menggunakan<br>Uji Normalitas dan teknik analisis data tes menggunakan uji-t paired sample test. Desain penelitian ini menggunakan<br>one group design pretest-posttest dengan sasaran penelitian yaitu peserta Mahasiswa Kelas 2022 C Program Studi<br>Departemen Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya.<br>Hasil coba kelayakan media video kepada ahli materi dapat dikategorikan baik dengan presentase sebesar 80%,<br>dan ahli media dapat dikategorikan baik dengan presentasi 83%. Kemudian berdasarkan perhitungan uji-t dengan<br>rincian Berdasarkan uji t diketahui nilai sig. (2-tailed) 0,00 dengan taraf signifikasi 95%. Oleh karena itu, nilai sig.(2-<br>tailed) 0,00 < 0,05. berdasarkan grafik hasil perhitungan rerata nilai pre-test dan post-test kelompok eksperimen<br>tampak lebih tinggi hasil yang diperoleh setelah mahasiswa diberi treatment berupa media video motion graphic.<br>Kemudian, berdasarkan hasil perhitungan uji t dengan dasar pengambilan keputusan tolak Ho apabila sig. (2-tailed) ≤<br>0,05. Hasil data uji-t diperoleh nilai sig.(2-tailed) 0,00 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan Ha diterima dan Ho ditolak,<br>maka terdapat pengaruh dari media pembelajaran yang digunakan terhadap hasil belajar mahasiswa Departemen<br>Teknologi Pendidikan.Merujuk dari keseluruhan hasil pembahasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa media<br>video motion graphic pada mata kuliah desai pesan untuk mahasiswa Departemen Teknologi Pendidikan Unesa<br>dinyatakan sangat layak dan efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran.<br>Kata Kunci: Media, Desain Pesan, Media Video.</p>2024-01-17T00:00:00+00:00##submission.copyrightStatement##https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/59031EVALUASI PROGRAM PRAKTIK KERJA LAPANGAN UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PESERTA DIDIK SESUAI KEBUTUHAN DUNIA KERJA PADA JURUSAN MULTIMEDIA SMKN 1 JOMBANG2024-03-18T07:30:35+00:00Tinezia cendanitinezia.20004@mhs.unesa.ac.idRusijono Rusijonorusijono@unesa.ac.id<p>ABSTRAK<br>Penelitian ini bertujuan mengevaluasi ketercapaian tujuan program Praktik Kerja Lapangan (PKL) jurusan multimedia di SMKN 1 Jombang dan dampaknya terhadap peningkatan kompetensi keahlian multimedia peserta didik sesuai dengan apa yang dibutuhkan dunia kerja. Model evaluasi yang digunakan adalah formatif sumatif, dengan subjek penelitian ketua kelompok kerja PKL SMKN 1 Jombang, guru pembimbing, instruktur DU/DI, serta peserta didik. Variabel yang dievaluasi adalah keterlaksanaan program PKL dan kompetensi keahlian multimedia peserta didik. Data keterlaksanaan program PKL dikumpulkan menggunakan teknik wawancara dan angket. Wawancara dilakukan terhadap ketua pokja PKL, sedangkan angket diberikan pada guru pembimbing, instruktur DU/DI dan peserta didik. Data kompetensi keahlian multimedia dikumpulkan menggunakan teknik dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji Wilcoxon. Hasil analisis deskriptif adalah perencanaan program PKL telah dilakukan sesuai dengan buku pedoman pelaksanaan PKL, didasarkan pada hasil wawancara dengan ketua pokja PKL. Hasil persentase keterlaksanaan PKL dari aspek keterlibatan guru pembimbing adalah 93.4% dan instruktur DU/DI 95.39% termasuk dalam kategori terlaksana dengan sangat baik. Hasil angket keterlaksanaan PKL dari aspek peserta didik sebesar 92.5% juga termasuk dalam kategori terlaksana dengan sangat baik. Disimpulkan bahwa program PKL jurusan multimedia di SMKN 1 Jombang terlaksana dengan sangat baik. Hasil analisis uji Wilcoxon didapatkan hasil nilai Asymp.Sig. (2-tailed) sebesar 0.001. Nilai Asymp.Sig. (2-tailed) tersebut nilainya lebih kecil dari < 0,05 artinya terdapat pengaruh antara program PKL dengan kompetensi peserta didik. Disimpulkan bahwa kegiatan PKL mampu meningkatkan kompetensi keahlian multimedia peserta didik jurusan multimedia di SMKN 1 Jombang.</p>2024-01-17T00:00:00+00:00##submission.copyrightStatement##https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/59099PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X MATERI SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MAN 1 MAGETAN2024-03-25T03:24:43+00:00Hana Rohadatul ‘Aisyhana.20007@mhs.unesa.ac.idBachtiar Sjaiful Bachribachtiarbachri@unesa.ac.id<p><strong>Abstrak</strong></p> <p>Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia interaktif yang layak dalam pembelajaran materi pelajaran SKI serta mengevaluasi efektivitasnya dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X. Penelitian ini menggunakan sebuah model pengembangan ADDIE, dengan menggabungkan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data melalui wawancara, kuesioner, dan tes untuk memperoleh pemahaman yang komprehensif tentang kelayakan dan efektivitas alat pembelajaran yang dikembangkan. Analisis data dilakukan menggunakan skala likert untuk menilai kelayakan multimedia dan uji Paired Sample t Test untuk mengukur efektivitasnya. Desain penelitian menggunakan pre-test-post-test one group design dengan 28 peserta didik kelas XB MAN 1 Magetan. Temuan penelitian menunjukkan validitas yang tinggi dari ahli materi, desain pembelajaran, dan media, yaitu hasil validasi materi pada ahli materi 1 sebesar 88,3% dan ahli materi 2 sebesar 91,6%, hasil validasi desain pembelajaran kepada ahli desain pembelajaran 1 sebesar 90% dan ahli desain pembelajaran 2 sebesar 77%, serta hasil validasi media pada ahli media 1 sebesar 89% dan ahli media 2 sebesar 63%. Hasil uji coba produk perorangan menunjukkan presentase rata-rata sebesar 92,3%, uji coba kelompok kecil sebesar 86%, dan uji coba kelompok besar sebesar 90%. Sehingga, multimedia interaktif tersebut dikatakan layak digunakan dalam pembelajaran. Hasil uji paired sample t test menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pemahaman peserta didik setelah menggunakan multimedia interaktif, dengan sig 0,00 < 0,05, menolak Ho dan menerima Ha. Dengan demikian, multimedia interaktif Fathu Makkah terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X MAN 1 Magetan.</p>2024-01-17T00:00:00+00:00##submission.copyrightStatement##https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/59072PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MATERI PEMBUATAN NUGET IKAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI | DI SMK NEGERI 1 SIDAYU GRESIK2024-03-21T07:52:18+00:00Mihnatuz Zahrohmihnatuz.20023@mhs.unesa.ac.idMustaji Mustajimustaji@unesa.ac.id<p>Abstrak<br>Penelitian ini bertujuan untuk menanggapi tantangan rendahnya prestasi belajar pada siswa kelas XI di SMK Negeri 1<br>Sidayu Gresik dalam mata pelajaran Produk Olahan Diversifikasi Hasil Perikanan, khususnya dalam pembelajaran<br>materi Pembuatan Nuget Ikan. Sekitar 49% siswa menunjukkan prestasi belajar kognitif yang kurang memuaskan,<br>dipengaruhi oleh kurangnya motivasi, minat, serta kesulitan dalam memahami takaran bahan, prosedur pembuatan, dan<br>penggunaan peralatan pengolahan. Berdasarkan analisis kebutuhan dan potensi pemecahan masalah, pengembangan<br>multimedia interaktif dianggap penting untuk meningkatkan efektivitas dan kesenangan dalam pembelajaran. Model<br>pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan<br>Evaluation), dengan subjek penelitian kelas XI Agribisnis Pengolahan Hasil Perikanan (APHPi) 1 dan 2 SMK Negeri<br>1 Sidayu Gresik sebagai kelompok kontrol dan eksperimen. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara, angket, dan<br>tes, kemudian dianalisis dengan menggunakan skala penilaian Likert untuk data kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis<br>data kualitatif menunjukkan validasi yang sangat baik terhadap kelayakan media. Validasi materi pembelajaran oleh<br>dua ahli materi mencapai 93.3%, sedangkan evaluasi media oleh dua ahli bidang media mencapai 96.3%. Selain itu,<br>evaluasi terhadap bahan penyerta media mencapai 98.9% oleh dua ahli media dan 89.5% oleh dua ahli materi. Validasi<br>Rencana Pelaksanaan Pembelajaran oleh dua ahli desain pembelajaran mencapai 98.9%. Uji coba kelayakan<br>multimedia interaktif berdasarkan tanggapan peserta didik juga menunjukkan bahwa multimedia interaktif layak<br>digunakan dalam pembelajaran. Analisis statistik menunjukkan perbedaan signifikan antara kelas kontrol dan<br>eksperimen, dengan rata-rata nilai post-test kelas kelas eksperimen (80.5) lebih tinggi dari kelas kontrol (57.6), dengan<br>selisih rata-rata 22.8 angka. Dengan demikian, penggunaan multimedia interaktif terbukti efektif dalam mendukung<br>proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar peserta didik</p>2024-01-17T00:00:00+00:00##submission.copyrightStatement##https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/59116PENGEMBANGAN E-MODUL FLIPBOOK BERBASIS AUGMENTED REALITY MATERI SISTEM REPRODUKSI SAPI MATA PELAJARAN AGRIBISNIS TERNAK RUMINANSIA KELAS XI SMK PP PADANG MENGATAS2024-03-28T04:12:23+00:00Nadhira Mazaya Putri Mazaya Putrinadhira.20005@mhs.unesa.ac.idLamijan Hadi Susarno Hadi Susarnolamijan@unesa.ac.id<p>Abstrak<br>Penelitian ini menghadirkan sebuah E-modul flipbook yang inovatif, menggunakan teknologi Augmented Reality<br>(AR) sebagai platform pembelajaran. Dengan menggabungkan elemen visual dan interaktif, E-modul ini dirancang untuk<br>meningkatkan pengalaman pembelajaran digital. Penelitian dimulai dengan analisis kebutuhan dan karakteristik audiens<br>potensial. Kemudian, dilakukan desain E-modul flipbook yang memanfaatkan teknologi AR untuk memberikan<br>pengalaman belajar yang lebih dinamis. Proses pengembangan melibatkan integrasi konten pembelajaran dengan elemenelemen AR yang relevan. Model pengembangan yang digunakan berupa ADDIE (Analyze, Design, Development,<br>Implementation, Evaluation) yang mana penelitian ini menunjukkan validasi ahli media mecapai persentase 94% dan ahli<br>materi 95% presentase yang diperoleh dari ahli termasuk kategori “sangat baik” yang mana media layak untuk digunakan<br>dalam proses pembelajaran. Adapun uji coba lapangan dengan total keseluruhan melibatkan 60 orang peserta didik baik<br>dari kelompok kecil maupun kelompok besar. Dari hasil penelitian, menunjukkan adanya keefektifan dari media dengan<br>setelah melalui uji eksperimental desain yang mana menggunakan one group pre-test posttest. Didapatkan hasil bahwa<br>pada uji coba kelompok kecil dengan nilai persentase 74% yang mana termasuk pada kategori “cukup efektif” dan<br>selanjutnya dilakukan uji coba pada kelompok besar dengan mendapatkan persentase nilai 82% dengan kategori<br>“Efektif”. Dengan demikian, E-modul flipbook berbasis AR terbukti menjadi solusi inovatif untuk meningkatkan kualitas<br>pembelajaran dengan menyajikan konten secara lebih dinamis dan interaktif.<br>Kata Kunci: Pengembangan, Augmented Reality, ADDIE</p>2024-01-17T00:00:00+00:00##submission.copyrightStatement##