Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp Jurnal Teknologi Pendidikan, ISSN:2252-3863, adalah jurnal ilmiah yang ditulis oleh civitas akademik Teknologi Pendidikan dan dikelola dan diterbitkan oleh Jurusan Teknologi Pendidikan FIP Universitas Negeri Surabaya (UNESA). Jurnal ini tersedia gratis untuk seluruh pembaca dan mencakup perkembangan dan penelitian dalam bidang teknologi pendidikan. <br /> <br /> <strong>Penanggungjawab</strong> : Dra. Sulistyowati, M.Pd ; <strong>Ketua Penyunting</strong> : Prof. Dr. Mustaji, M.Pd ; <strong>Wakil Ketua Penyunting</strong> : Moch Syaicudin, M.Pd ; <strong>Penyunting Pelaksana</strong> : Alim Sumarno, M.Pd ; Andi Kristanto ,M.Pd ; Khusnul Khotimah, M.Pd ; Utari Dewi, M.Pd<br /> <a href="http://issn.pdii.lipi.go.id/issn.cgi?daftar&amp;1331193433&amp;&amp;&amp;2012"></a> en-US alimsumarno@unesa.ac.id (Alim) alim_sumarno@yahoo.com (Alim Sumarno) Thu, 18 Apr 2024 07:54:28 +0000 OJS 3.1.1.0 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PENGARUH PEMANFAATAN APLIKASI QUIZIZZ TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI PERGERAKAN KEBANGSAAN INDONESIA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI DESAIN KOMUNIKASI VISUAL SMKN 1 DRIYOREJO https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/59260 <p>ABSTRAK<br>Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui 1) Pengaruh pemanfaatan aplikasi Quizizz terhadap motivasi belajar peserta didik materi pergerakan kebangsaan Indonesia kelas XI Desain Komunikasi Visual SMKN 1 Driyorejo. 2) Pengaruh pemanfaatan aplikasi Quizizz terhadap hasil belajar peserta didik materi pergerakan kebangsaan Indonesia kelas XI Desain Komunikasi Visual SMKN 1 Driyorejo Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kuantitatif dengan desain β€œQuasi Experiment Design”. Pengumpulan data menggunakan teknik angket dan tes. Teknik pengambilan data angket digunakan untuk memperoleh data tentang motivasi peserta didik. Sedangkan teknik tes digunakan untuk memperoleh data mengenai hasil belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kuantitatif dengan desain β€œQuasi Experiment Design”. Pengumpulan data menggunakan teknik angket dan tes. Teknik pengambilan data angket digunakan untuk memperoleh data tentang motivasi peserta didik. Sedangkan teknik tes digunakan untuk memperoleh data mengenai hasil belajar peserta didik.<br>Kata kunci: Motivasi, Hasil Belajar, Aplikasi Quizizz</p> Zabitha aurevania Salsabiyantari, Andi Mariono ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/59260 Thu, 18 Apr 2024 00:00:00 +0000 Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Microlearning Materi Model Pengembangan Kurikulum Program Studi S1 Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/59267 <p>ABSTRAK<br>Pembelajaran yang berkualitas membutuhkan kurikulum yang berkualitas, fasilitas yang modern, dan teknologi yang berkembang mengikuti zaman. Dari penjelasan tersebut, media pembelajaran merupakan hasil dari implementasi perkembangan teknologi yang dapat memfasilitasi pembelajaran guna merangsang minat belajar dan menarik perhatian peserta didik. Media yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah video pembelajaran berbasis microlearning. Microlearning merupakan strategi penyampaian yang berupa informasi secara ringkas dan fokus terhadap inti pembelajaran. Sehingga video pembelajaran dengan strategi microlearning berisikan penjelasan materi secara sederhana dan disesuaikan agar pembelajaran tidak monoton secara berjam-jam. Tujuan penelitian ini adalah (1) menghasilkan video pembelajaran yang layak untuk materi model pengembangan kurikulum program studi S1 Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya dan (2) menghasilkan video pembelajaran yang efektif untuk materi model pengembangan kurikulum program studi S1 Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara, penilaian angket, dan tes kinerja. Teknik wawancara dan angket digunakan untuk memperoleh data kualitatif tentang analisis kebutuhan mahasiswa di kelas serta hasil masukan dari para ahli dan subjek uji coba untuk mengetahui tingkat kelayakan media. Sedangkan teknik tes kinerja digunakan untuk memperoleh data kuantitatif tentang kemampuan mahasiswa dalam mengembangkan kurikulum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil validasi kepada para ahli dan subjek uji coba mendapatkan skor maksimal sehingga dapat dikatakan media video microlearning layak digunakan dalam pembelajaran. Sedangkan hasil tes yang dilakukan untuk melihat perbedaan hasil belajar mahasiswa menggunakan uji T yaitu thitung = 11.791 &gt; ttable = 1.993. Dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan antara data nilai rata-rata kelas kontrol dan kelas eksperimen sehingga media video berbasis microlearning materi model pengembangan kurikulum dapat dikatakan efektif karena terdapat perbedaan hasil belajar pada mahasiswa prodi S1 Teknologi Pendidikan angkatan 2022.<br>Kata Kunci: Media, Video Pembelajaran Microlearning, Model Pengembangan Kurikulum</p> Hany Fairy Agustina, Citra Fitri Kholidya ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/59267 Thu, 18 Apr 2024 00:00:00 +0000 Pengaruh Pendekatan Kontekstual Dengan Proses Kelompok Terhadap Pemahaman Konsep dan Analisis Materi Hak Asasi Manusia Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Siswa Kelas XI di SMK PGRI 7 Surabaya https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/59291 <p>ABSTRAK<br>Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui 1) pengaruh penerapan pendekatan kontekstual dengan proses kelompok<br>terhadap pemahaman konsep materi hak asasi manusia pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan<br>Kewarganegaraan (PPKn) di kelas XI SMK PGRI 7 Surabaya, 2) pengaruh penerapan pendekatan kontekstual<br>dengan proses kelompok terhadap analisis materi hak asasi manusia pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan<br>Kewarganegaraan (PPKn) di kelas XI SMK PGRI 7 Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi<br>Experiment Design dengan model Control Group Pre test dan Post test. Pengumpulan data menggunakan teknik<br>observasi dan tes. Teknik observasi digunakan untuk mengawasi keterlaksaanaan pembelajaran dengan<br>menggunakan pendekatan kontekstual, sedangkan teknik tes dengan 2 tipe soal digunakan untuk memperoleh data<br>mengenai hasil kemampuan pemahaman konsep dan analisis. Hasil penelitian kedua variabel yakni kemampuan<br>pemahaman konsep dan analisis dilakukan uji hipotesis non parametrik melalui SPSS dengan rumus Mann Whitney<br>U menunjukan bahwa nilai Asymp. Sig. (2-tailed) atau P- Value sebesar 0,000. Apabila nilai p value kurang dari<br>batas kritis 0,05 maka terdapat pengaruh bermakna dari penerapan pendekatan kontekstual dengan proses kelompok<br>terhadap kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan analisis atau yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak.<br>Kata Kunci: Pendekatan Kontekstual, Pemahaman Konsep, Analisis</p> Tri Widya Ayu Febriani, Andi Mariono ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/59291 Thu, 18 Apr 2024 00:00:00 +0000 PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING BERBASIS WEB MATERI PROSEDUR PENULISAN NASKAH VIDEO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN VIDEOGRAFI PESERTA DIDIK KELAS XI ANIMASI DI SMKN 2 SUARABAYA https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/59313 <p>Abstrak<br>Berdasarkan hasil analisis ditemukan permasalahan yang mempengaruhi ketuntasan belajar peserta didik pada materi Prosedur Penulisan Naskah Video kelas XI Animasi yaitu terbatasnya media pembelajaran dan pemanfaatan media youtube ternyata tidak mampu untuk mencapai hasil belajar yang diharapkan. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk menciptakan suatu produk by design yaitu media Mobile Learning yang dapat digunakan dalam pembelajaran materi Prosedur Penulisan Naskah Video sehingga mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik. Peneliti menggunakan metode penelitian pengembangan dengan model pengembangan Lee &amp; Owens. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas XI Animasi SMKN 2 Surabaya yang dibagi menjadi dua kelas yaitu Kelas eksperimen dan kelas kontrol. Uji-t digunakan untuk menganalisis data hasil tes dan menguji pengaruh penggunaan media terhadap hasil belajar peserta didik di aspek kognitif. Persentase mengenai kelayakan media melalui evaluasi dengan ahli terkait diperoleh 98,7% layak untuk materi, 92,85% layak untuk media, dan 83,6% layak untuk RPP. Uji t pada dua kelas melalui pre test dan post test pada tingkat signifikan 5% diperoleh π‘‘π‘‘π‘Žπ‘π‘’π‘™ 2,0595. Uji t pre test yang melibatkan dua kelas menunjukkan π‘‘β„Žπ‘–π‘‘π‘’π‘›π‘” &lt; π‘‘π‘‘π‘Žπ‘π‘’π‘™ dengan nilai 0,348&lt;2,0595. Disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara hasil pre-test kelompok eksperimen dan kontrol. Sedangkan pada uji t pada post test kedua kelas menunjukkan π‘‘β„Žπ‘–π‘‘π‘’π‘›π‘” &gt; π‘‘π‘‘π‘Žπ‘π‘’π‘™ dengan nilai 3,18&gt;2,0595. Disimpulkan hasil post-test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan.<br>Kata Kunci: Pengembangan, Mobile Learning, Hasil Belajar</p> Nur Ilmiatin Nafia, Syaputra Wahyuda Meisa Diningrat ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/59313 Thu, 18 Apr 2024 00:00:00 +0000