Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp Jurnal Teknologi Pendidikan, ISSN:2252-3863, adalah jurnal ilmiah yang ditulis oleh civitas akademik Teknologi Pendidikan dan dikelola dan diterbitkan oleh Jurusan Teknologi Pendidikan FIP Universitas Negeri Surabaya (UNESA). Jurnal ini tersedia gratis untuk seluruh pembaca dan mencakup perkembangan dan penelitian dalam bidang teknologi pendidikan. <br /> <br /> <strong>Penanggungjawab</strong> : Dra. Sulistyowati, M.Pd ; <strong>Ketua Penyunting</strong> : Prof. Dr. Mustaji, M.Pd ; <strong>Wakil Ketua Penyunting</strong> : Moch Syaicudin, M.Pd ; <strong>Penyunting Pelaksana</strong> : Alim Sumarno, M.Pd ; Andi Kristanto ,M.Pd ; Khusnul Khotimah, M.Pd ; Utari Dewi, M.Pd<br /> <a href="http://issn.pdii.lipi.go.id/issn.cgi?daftar&amp;1331193433&amp;&amp;&amp;2012"></a> en-US alimsumarno@unesa.ac.id (Alim) alim_sumarno@yahoo.com (Alim Sumarno) Fri, 14 Jun 2024 02:32:14 +0000 OJS 3.1.1.0 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 EVALUASI PROGRAM JUMAT BERSEMI YANG BERTEMA MUHADHARAH DENGAN MODEL CIPP PADA KELAS XII MULTIMEDIA DI SMK NU GRESIK https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/60326 <p>ABSTRAK<br>Evaluasi program adalah suatu proses penilaian terstruktur yang dilakukan untuk mengevaluasi efektivitas, efisiensi, relevansi, dan dampak suatu program atau kebijakan. Dalam evaluasi program, dilakukan pengumpulan data, analisis, dan interpretasi informasi untuk menilai sejauh mana program telah mencapai tujuan yang ditetapkan, bagaimana program tersebut dijalankan, dan apa dampaknya terhadap sasaran atau populasi yang dilayani. Model Evaluasi yang diterapkan dalam penelitian ini merupakan model Evaluasi CIPP yang mencakup aspek Context, Input, Process, dan, Product. Model Evaluasi CIPP ini memberikan pendekatan yang komprehensif untuk mengevaluasi berbagai aspek program. Evaluasi dilakukan dengan memperhatikan konteks sekolah, sumber daya yang tersedia, proses implementasi program, serta hasil yang dicapai. Dengan demikian, evaluasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang efektivitas program "Jumat Bersemi" dalam meningkatkan pemahaman keagamaan siswa dan memberikan rekomendasi untuk perbaikan dan pengembangan di masa depan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan hasil evaluasi dari program Jumat Bersemi yang bertema Muhadharah di SMK NU Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara, observasi, angket, serta studi dokumen. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Program Jumat Bersemi di SMK NU Gresik dinyatakan telah ix mencapai tujuannya serta hasil evaluasi menyatakan bahwa program yang dijalankan sudah sangat baik dan memberikan dampak yang signifikan. Namun, ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan dan diperbaiki agar pelaksanaan program kedepannya semakin lancar, kondusif, dan terkendali.<br>Kata Kunci : Program Jumat Bersemi, Evaluasi, Model CIPP</p> Nafa Iqotul Jannah, Hirnanda Dimas Pradana ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/60326 Mon, 10 Jun 2024 00:00:00 +0000 Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Web Mata Pelajaran Matematika Materi Invers Matriks Ordo 3x3 Metode Minor Kofaktor Kelas X SMK Negeri 1 Jombang https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/60335 <p>ABSTRAK<br>Media pembelajaran merupakan alat yang digunakan untuk menunjang aktivitas belajar mengajar, baik dalam bentuk media video, buku, slide bergambar, dan lain-lain, yang bertujuan untuk memudahkan kegiatan pembelajaran ketika berlangsung. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran Multimedia Interaktif Mata Pelajaran Matematika Materi Invers Matriks Ordo 3x3 metode minor kofaktor kelas X di SMKN 1 Jombang. (2) untuk menguji keefektifan Multimedia Interaktif Mata Pelajaran Matematika Materi Invers Matriks Ordo 3x3 metode minor kofaktor kelas X di SMKN 1 Jombang. Metode pada penelitian ini adalah metode kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian uji coba kelompok kecil. Pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara untuk mengetahui kelayakan Multimedia Interaktif Mata Pelajaran Matematika Materi Invers Matriks Ordo 3x3 metode minor kofaktor kelas X di SMKN 1 Jombang. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan dan diperoleh dari angket dan wawancara maka kesimpulan yang didapat ialah media pembelajaran Multimedia Interaktif Mata Pelajaran Matematika Materi Invers Matriks Ordo 3x3 metode minor kofaktor kelas X di SMKN 1 Jombang layak dan praktis untuk digunakan pada saat kegiatan pembelajaran. Sedangkan hasil analisis data dari uji coba kelompok kecil yang dilakukan kepada siswa menyatakan bahwa pengembangan media pembelajaran ini dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran dengan praktis. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan adanya hasil perhitungan dengan menggunakan skala likert. .Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pengembangan media Multimedia Interaktif Mata Pelajaran Matematika Materi Invers Matriks Ordo 3x3 metode minor kofaktor kelas X di SMKN 1 Jombang layak digunakan saat kegiatan pembelajaran.<br>Kata kunci : Pengembangan, multimedia interaktif, matematika, matriks</p> Lutfiyah Nur Azizah, Irena Yolanita Maureen ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/60335 Mon, 10 Jun 2024 00:00:00 +0000 Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe STAD Terhadap Peningkatan Keaktifan Belajar dan Pemahaman Peserta Didik Pada Materi Lingkaran Mata Pelajaran Matematika Kelas XI SMKN 1 Kemlagi https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/60339 <p>ABSTRAK<br>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan model pembelajaran cooperative tipe STAD (Student Teams Achievement Division) terhadap keaktifan dan pemahaman konsep peserta didik pada materi lingkaran kelas XI SMKN 1 Kemlagi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah true eksperiment design yang berbentuk pre-test posttest control group design. Subjek pada penelitian ini adalah kelas XI DKV 1 dan XI DKV 2 SMKN 1 Kemlagi, dengan kelas eksperimen yang diberikan perlakuan model pembelajaran cooperative tipe STAD dan kelas kontrol yang memakai perlakuan biasanya yakni model pembelajaran ceramah. Pada uji T menggunakan rumus independent sample t test dengan signifikansi 5%. Hasil uji t dari angket keaktifan diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 &lt; 0,05, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil uji t post-test menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 &lt; 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima. Sehingga terdapat pengaruh model pembelajaran cooperative tipe STAD terhadap keaktifan belajar dan pemahaman materi lingkaran mata pelajaran matematika kelas XI SMKN 1 Kemlagi.<br>Kata Kunci: Cooperative tipe STAD, Keaktifan Belajar, Pemahaman, Materi Lingkaran</p> Anisa Firdaus, Andi Mariono ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/60339 Mon, 10 Jun 2024 00:00:00 +0000 CODESAVVY: PENGEMBANGAN E-LEARNING PEMROGRAMAN DASAR SCRATCH UNTUK KELAS XI DI SMKN 3 KEDIRI https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/60355 <p>ABSTRAK<br>CODESAVVY merupakan media pembelajaran inovatif yang berbasis website untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran pemrograman dasar Scratch di kelas XI SMKN 3 Kediri. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-Learning sebagai solusi inovatif dalam meningkatkan pemahaman dan pengalaman belajar peserta didik yang layak dan efektif pada materi pemrograman dasar menggunakan scratch. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi angket, dan tes untuk mengevaluasi efektivitas E-Learning CODESAVVY. Subjek penelitian meliputi validator ahli media, validator ahli materi pemrograman dasar, dan 34 siswa kelas XI SMKN 3 Kediri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-Learning CODESAVVY terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman dan pengalaman belajar peserta didik dari hasil validasi para ahli media 100%, ahli desain pembelajaran 100% dan juga dari hasil uji coba kelompok kecil dan besar mendapatkan hasil masing masing 100% dan 99.06%. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa e-learning CODESAVVY merupakan media pembelajaran inovatif yang layak dan efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pemrograman dasar di SMKN 3 Kediri.<br>Kata Kunci: CODESAVVY, E-Learning, Pemrograman Dasar, Scratch, Media Pembelajaran</p> Yash Akbar Raihan, Fajar Arianto ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/60355 Mon, 10 Jun 2024 00:00:00 +0000 Pengembangan Multimedia Interaktif Materi Sinematografi Mata Pelajaran Dasar-Dasar Desain Komunikasi Visual Kelas X DKV SMK Negeri 3 Surabaya https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/60504 <p>ABSTRAK<br>Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan multimedia interaktif materi Sinematografi mata pelajaran Dasar-Dasar Desain Komunikasi Visual untuk kelas X DKV SMK Negeri 3 Surabaya dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Kelayakan media diukur dari hasil data validasi oleh ahli dan uji coba pada peserta didik menggunakan pengukuran skala likert. Hasil validasi yang dilakukan oleh ahli dan hasil uji coba yang dilakukan oleh peserta didik mendapatkan hasil sangat baik. Pada uji validitas dan reliabilitas butir soal dinyatakan valid dan reliabel. Pada uji normalitas dan uji homogenitas hasil perhitungan menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan bersifat homogen. Hasil uji T memperoleh mendapat nilai sig. 0,00 &lt; 0,05 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan pada post-test dan pre-test kelas eksperimen dan kelas kontrol.<br>Kata Kunci: Pengembangan, Multimedia Interaktif, ADDIE, Dasar-Dasar Desain Komunikasi Visual, Sinematograf</p> Irsada Febri Pamesuari, Hirnanda Dimas Pradana ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/60504 Tue, 04 Jun 2024 00:00:00 +0000 PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK MATERI SEJARAH UNTUK KELAS VI MATA PELAJARAN IPAS MI MA’ARIF PADEMONEGORO KAB. SIDOARJO https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/60511 <p>Abstrak<br>Media realia Pop Up book merupakan media yang menggunakan benda nyata sebagai bahan ajar dalam pembelajaran. Guna meningkatkan minat belajar peserta didik serta untuk memperoleh pengetahuan berkesan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan produk realia yang pada materi sejarah kolonial di Indonesia untuk kelas VI mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial di MI Ma’arif Pademonegoro Sukodono Sidoarjo. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development. Implementation, dan Evaluate). Menggunakan desain penelitian Quasi Eksperimen, The Equivalent Group Design. Subjek uji coba media realia antara lain 1 ahli materi, 1 ahli media serta peserta didik. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket dan tes. Hasil persentase penilaian angket oleh ahli materi sebesar 93.8%, uji kelayakan ahli media 94.8%, uji coba perorangan 93.8%, uji coba kelompok kecil 85.1%, uji coba kelompok besar 83.3%. Hasil tersebut merupakan kriteria penilaian sangat layak. Analisis data tes menggunakan teknik Independent Sample T-test dengan bantuan SPSS 23.0. Hasil uji keefektifan media diperoleh uji-t post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol menghasilkan nilai signifikan 0,00 &lt; 0,05. Pada tabel t post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh hasil 6.814 &gt; 2.042, maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian makan pengembangan “Media realia Sejarah Kolonial di Indonesia” layak dan efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran peserta didik kelas VI MI Ma’arif Pademonegoro Sukodono Sidoarjo pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial bab II Cerita tentang Indonesia Kita, Topik A Kedatangan Bangsa-Bangsa Asing.<br>Kata Kunci : Pengembangan media, media realia, Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial</p> Nur Aliyatul Fitriyah, Alim Sumarno ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/60511 Tue, 04 Jun 2024 00:00:00 +0000 Pengembangan Mobile Learning Berbasis Game Education Pada Mata Pelajaran Ipas Pokok Bahasan Keanekaragaman Makhluk Hidup, Interaksi, Dan Peranannya Di Alam Untuk Kelas X Di Sma Negeri 1 Tarik https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/60523 <p>ABSTRAK<br>Penelitian dan pengembangan ini dilakukan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan mobile learning berbasis game education pada mata pelajaran IPAS pokok bahasan keanekaragaman makhluk hidup, interaksi, dan peranannya di alam untuk kelas X di SMA Negeri 1 Tarik. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model ADDIE yakni Analyze, Design, Develpoment, Implementation, Evaluation. Penelitian ini menggunakan Teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket dan tes. Kelayakan media angket dianalisis dengan skala Likert dari hasil uji validasi ahli, dan keefektifan dianalisis dengan uji-t. Desain penelitian ini menggunakan one group pretest-posttest design dengan sasaran penelitian yaitu peserta didik kelas X. Berdasarkan validasi materi diperoleh hasil sebesar 100% dan validasi media dengan presentase 88,9% dan validasi ahli desain pembelajaran dengan presentase 98%. Selanjutnya dari hasil uji coba perorangan diperoleh hasil dengan presentase 94%, pada uji coba kelompok kecil dengan nilai 94% dan pada kelompok besar dengan presentase 89,3%. Baik pre-test maupun post-test menunjukkan peningkatan kelas eksperimen dengan nilai presentase 30,58%, dan kelas kontrol dengan nilai presentase 13,91%. Adapun hasil uji normalitas yang dapat disimpulkan bahwa nilai pre-test kelas eksperimen 0,077 dan post-test kelas eksperimen 0,051. Selanjutnya untuk kelas control nilai pre-test 0,095 dan nilai post-test 0,124. Hasil belajar yang berbeda antara kelas eksperimen yang menggunakan mobile learning dan kelas 1ontrol yang tidak. Ini menunjukkan bahwa penggunaan mobile learning adalah strategi pembelajaran yang efektif. Merujuk pada kesuluruhan pembahasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan mobile learning efektif digunakan pada mata pelajaran IPAS pokok bahasan keanekaragaman makhluk hidup, interaksi, dan peranannya di alam untuk kelas X di SMA Negeri 1 Tarik.<br>Kata Kunci : Pengembangan, Mobile Learning, ADDIE</p> Rheina Diva Anggraini, utari Dewi ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/60523 Tue, 04 Jun 2024 00:00:00 +0000 PENGARUH MODEL COLLABORATIVE LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI SEJARAH LAHIRNYA DAULA SYAFAWI MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS XI MA DARUL ULUM WARU https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/60652 <p>ABSTRAK<br>Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui (1) Pengaruh model collaborative learning terhadap motivasi belajar<br>peserta didik materi sejarah lahirnya Daulah Syafawi kelas XI MA Darul Ulum Waru (2) Pengaruh model<br>collaborative learning terhadap hasil belajar peserta didik materi sejarah lahirnya Daulah Syafawi kelas XI MA<br>Darul Ulum Waru. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kuantitatif dengan desain Quasi<br>Experiment Design. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan tes. Teknik pengambilan data<br>observasi digunakan untuk memperoleh data tentang motivasi peserta didik. Sedangkan teknik tes digunakan<br>untuk memperoleh data mengenai hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian dalam uji hipotesis menunjukkan<br>adanya pengaruh model collaborative learning terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik data uji-t untuk<br>motivasi belajar diperoleh nilai sig. (2-tailed) 0,002. Dengan demikian, nilai sig. (2-tailed) 0,002 ≤ 0,05 sehingga<br>Ha diterima dan Ho ditolak yang dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model collaborative learning<br>terhadap motivasi belajar peserta didik. Sedangkan data uji-t untuk hasil belajar diperoleh nilai sig. (2-tailed)<br>0,000. Dengan demikian, nilai sig. (2-tailed) 0,000 ≤ 0,05 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak yang dapat<br>disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model collaborative learning terhadap hasil belajar peserta didik pada<br>materi sejarah lahirnya Daulah Syafawi Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas XI Ips di Ma Darul<br>Ulum Waru.<br>Kata Kunci: Collaborative Learning, Motivasi Belajar , Hasil Belajar</p> Dhani Aldhiansyah, Andi Mariono ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/60652 Tue, 04 Jun 2024 00:00:00 +0000 PENGEMBANGAN MEDIA MOTION GRAPHIC VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI GERAKAN KAMERA PADA MATA KULIAH PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PADA MAHASISWA S1 TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/60912 <p>Abstrak<br>Penelitian pengembangan yang dilakukan ini dilakukan berdasarkan hasil analisis studi pendahuluan<br>melalui wawancara, dimana telah ditemukan kesenjangan dalam kegiatan pembelajaran pada mata kuliah<br>pengembangan media video. Sebagai respon yang ditunjukkan untuk menjawab keadaan tersebut maka<br>dibuatlah media motion graphic video pembelajaran untuk materi gerakan kamera. Dalam pengembangan<br>media video ini berpedoman dengan model pengembangan ADDIE, dimana subjek penelitiannya yaitu<br>mahasiswa angkatan 2022 S1 Teknologi Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya yang menempuh mata<br>kuliah pengembangan media video. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen angket<br>dan tes. Angket digunakan untuk menguji kelayakan media video. Sedangkan tes digunakan untuk<br>mengukur hasil belajar mahasiswa, dan dari data hasil belajar tersebut dilakukan uji independent sample ttest.<br>Uji kelayakan media dan materi memperoleh persentase nilai 100% dari ahli media dan ahli materi. Untuk<br>uji coba perorangan memperoleh persentase nilai sebesar 90%, sedangkan dari uji coba kelompok kecil<br>persentase nilai yang didapat mencapai 93,89%, dan dari uji coba kelompok besar mendapat 97,5%. Selain<br>itu terdapat SAP yang mendapatkan validasi dari ahli desain pembelajaran, dengan persentase nilai sebesar<br>100%, yang artinya secara keseluruhan menunjukkan kategori “Sangat Layak”. Selanjutnya untuk<br>pengujian hipotesis memperoleh hasil bahwa Sig. (2-tailed) = 0,000 &lt; sig.α = 0,05 yang artinya terdapat<br>perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari uraian tersebut<br>dapat disimpulkan bahwa media motion graphic video pembelajaran terbukti layak dan efektif untuk<br>meningkatkan hasil belajar mahasiswa S1 Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya, pada materi<br>gerakan kamera mata kuliah pengembangan media video.<br>Kata Kunci: Pengembangan, Media Video, Motion Graphic, Gerakan Kamera, Hasil Belajar</p> Dewi Rahmawati, khusnul khotimah ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/60912 Tue, 04 Jun 2024 00:00:00 +0000 Pengembangan Video Pembelajaran Pada Materi Keterampilan Gerak Spesifik Dalam Permainan Sepak Bola Kelas X di SMA Antartika Sidoarjo https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/60928 <p>ABSTRAK<br>Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan video pembelajaran pada materi keterampilan gerak spesifik dalam permainan sepak bola yang layak dan efektif pada mata pelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan. Prosedur pengembangan video pembelajaran yang digunakan adalah model ADDIE dengan 5 tahapan yakni analyze, design, development, implementation and evaluation. Subjek uji coba penelitian ini adalah peserta didik kelas X di SMA Antartika Sidoarjo. Validasi produk video pembelajaran dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan ahli desain pembelajaran. Validasi media dan validasi desain pembelajaran dilakukan oleh ahli pakar teknologi pendidikan, sedangkan validasi materi dilakukan oleh guru mata pelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan. Pengembangan video pembelajaran layak digunankan berdasarkan hasil penilaian validasi ahli materi sebesar 93,3%, ahli media sebesar 80%, dan ahli desain pembelajaran sebesar 96,6%. Memperoleh kategori baik dan sangat baik, sehingga media video dapat dikatakan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Pengembangan video pembelajaran juga efektif digunakan berdasarkan hasil perhitungan Uji t sig 0,011 &lt; 0,05 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan pada nilai post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai pretest dan posttest pada kelas eksperimen menunjukkan rata-rata nilai pretest sebesar 56,67 dan posttest sebesar 76,67 yang berarti terjadi peningkatan hasil belajar sebelum dan setelah diberikan treatment berupa media video pembelajaran.<br>Kata Kunci: Video Pembelajaran, Permainan Sepak Bola, ADDIE.</p> Aura Aisyah, Mustaji Mustaji ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/60928 Tue, 04 Jun 2024 00:00:00 +0000 PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA VIDEO MATERI REVOLUSI BESAR DUNIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI SMAN 2 SIDOARJO https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/61199 <p>Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan media video<br>materi revolusi besar dunia terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran sejarah kelas XI<br>SMAN 2 Sidoarjo. Populasi siswa kelas XI SMAN 2 Sidoarjo berjumlah 263 siswa. Sampel<br>tidak diambil secara acak, kelas yang ditentukan menjadi sampel penelitian berjumlah 65<br>siswa. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrumen<br>dalam penelitian ini menggunakan tes yakni pemahaman siswa terhadap materi revolusi<br>besar dunia. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat perbedaan signifikan pada hasil belajar<br>siswa kelompok eksperimen dengan mean 82.17 dan kelompok kontrol dengan mean 65.23.<br>Analisis yang diterapkan yakni uji normalitas, uji homogenitas, dan uji independent sample ttest.<br>Berdasarkan hasil uji hipotesis yang dianalisis dengan menggunakan program SPSS<br>25.0 disimpulkan nilai signifikansi 0,000 &lt; 0,05. Karena Sig. (2- tailed) &lt; 0,05, dengan<br>demikian H1 diterima dan H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh<br>dalam pemanfaatan media video materi revolusi besar dunia terhadap hasil belajar siswa<br>mata pelajaran kelas XI SMAN 2 Sidoarjo<br>Kata Kunci: Pemanfaatan, Video Pembelajaran, Hasil Belajar, Revolusi Besar Dunia</p> Christofer Bernard Adi Wicaksono, Alim Sumarno ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/61199 Tue, 04 Jun 2024 00:00:00 +0000