PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN POGIL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS MATERI REAKSI REDOKS PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 1 DRIYOREJO GRESIK

  • LISA DWI PURNAMASARI Universitas Negeri Surabaya
  • MUCHLIS MUCHLIS Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran POGIL untuk meningkatkan kemampuan analisis materi reaksi redoks pada peserta didik kelas X SMAN 1 Driyorejo Gresik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pretest posttest design pada kelas X MIA 1 SMAN 1 Driyorejo Gresik dengan jumlah peserta didik 36, penelitian dilakukan sebanyak tiga kali pertemuan. Metode pengumpulan data yang dihunkan yaitu metode observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (1) Keterlaksanaan model pembelajaran POGIL pada materi reaksi redoks selama tiga kali pertemuan diperoleh rata-rata 3,59; 3,82; 3,89 secara berturut – turut dengan kategori sangat baik. (2) Kemampuan analisis peserta didik pada tiga kali pertemuan mengalami peningkatan secara umum pada pretest sebesar 47,02 dan posttest sebesar 78,25.

Kata kunci: (POGIL), Kemampuan analisis, Reaksi redoks.




Published
2020-02-03
Section
Articles
Abstract Views: 121
PDF Downloads: 110