PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR EMPIRIS INDUKTIF UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN ANALISIS PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT KELAS X SMAN 12 SURABAYA

  • ELLYANA FIRDAUS Universitas Negeri Surabaya
  • MUCHLIS MUCHLIS Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai keterlaksanaan model siklus belajar empiris induktif, aktivitas, kemampuan menganalisis materi larutan elektrolit dan nonelektrolit serta respon siswa. Metode yang digunakan yaitu One Group Pretest Posttest Design pada Kelas X IPA 7 SMAN 12 Surabaya dengan subjek penelitian sebanyak 36 orang. Perangkat yang digunakan yaitu silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran dan lembar kerja siswa. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran, aktivitas siswa, tes kemampuan analisis dan angket respon. Penelitian ini menunjukkan hasil sebagai berikut: 1) Keterlaksanaan pada pertemuan I diperoleh rata-rata 3,6 dan pertemuan II sebesar 3,7 keduanya berada pada kriteria sangat baik. (2) Aktivitas siswa berlatih analisis mendapat persentase sebesar 60,75% di pertemuan I dan 74,08% di pertemuan II. (3) Kemampuan analisis mendapat ketuntasan klasikal sebesar 88,89% dengan persentase N-gain score kriteria tinggi, sedang dan rendah berturut-turut sebesar 63,89%; 36,11% dan 0%. (4) Respon siswa setelah diterapkannya model siklus belajar empiris induktif mendapat kriteria sangat baik dengan persentase rata-rata respon positif sebesar 93,97%.

Kata kunci: Siklus Belajar Empiris Induktif, Kemampuan siswa dalam menganalisis, Elektrolit dan Nonelektrolit.






Published
2020-02-03
Section
Articles
Abstract Views: 79
PDF Downloads: 62