https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/journal-of-chemical-education/issue/feed UNESA Journal of Chemical Education 2023-01-31T13:18:11+00:00 Dr. Mitarlis, S.Pd., M.Si. mitarlis@unesa.ac.id Open Journal Systems <p><strong>UNESA Journal of Chemical Education</strong> is&nbsp; communicating&nbsp; all chemical education research through publication article. This Journal provides readers or authors to present learning development in chemical education. <strong>Scope and focus</strong> in this journal are:</p> <ol> <li class="show">Philosophy and Curriculum of Chemical Education</li> <li class="show">Innovation and Theory of Learning</li> <li class="show">Media of Chemistry Learning</li> <li class="show">Assessment of Chemistry Learning</li> <li class="show">Missconception in Chemistry</li> </ol> <p><strong>UNESA Journal of Chemical Education</strong> publishes articles three times a year on January, May, and September.</p> https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/journal-of-chemical-education/article/view/50961 PEMBELAJARAN MATERI LAJU REAKSI DENGAN PENATAAN KURIKULER NESTED UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDK 2023-01-30T15:57:39+00:00 Rima Anggun Juwitasari rimajuwitasari@mhs.unesa.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan memperoleh hasil uji peningkatan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik sebagai dampak pembelajaran laju reaksi yang dirancang dengan pengintegrasian kurikuler pola <em>nested</em>. Jumlah sampel penelitian 34 peserta didik dari SMA Negeri 1 Manyar Gresik. Perangkat pembelajaran (RPP, LKPD, dan Lembar Penilaian) yang dikembangkan sesuai dengan pola <em>nested</em> telah divalidasi melalui <em>expert judgement</em> dan dinyatakan valid untuk digunakan. Penelitian mengikuti rancangan <em>one-group pretest-posttest design</em>. Tes keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar materi laju reaksi diujikan kepada sampel penelitian sebelum dan sesudah pembelajaran. Signifikansi dampak pembejaran ditetapkan berdasar hasil uji t sampel berpasangan. Hasil uji t mendapatkan nilai signifikansi 0,00 (lebih kecil dari 0,05) baik untuk keterampilan berpikir kritis maupun hasil belajar. Rerata skor keterampilan berpikir kritis maupun hasil belajar sesudah pembelajaran lebih tinggi daripada sebelum pembelajaran. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran laju reaksi dengan pola pengintegrasian nested berdampak positif dan signifikan baik pada leterampilan berpikir kritis maupun hasil belajar peserta didik.</p> 2023-01-28T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/journal-of-chemical-education/article/view/50100 PENGGUNAAN MEDIA AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID TERHADAP PENINGKATAKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI IKATAN KIMIA 2023-01-30T16:44:29+00:00 Happy Sagita Nurillah happysagita75@gmail.com Fatayah Fatayah fatayah.billfath@gmail.com Kriesna Kharisma Purwanto vegaku@gmail.com <p><strong>Abstrak</strong></p> <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan penggunaan media <em>Augmented Reality</em> terhadap peningkatan prestasi belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi<em> eksperimen</em>) dengan Posttest Non-Equivalent Control Group Design. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kuantitatif inferensial. Populasi yang dimaksud merupakan seluruh siswa MA Al Muhtadi. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari siswa kelas X sebanyak 42 siswa. Teknik sampling yang digunakan berupa teknik judgment sampling, karena sampel ditentukan berdasarkan pertimbangan tujuan penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari 8 soal pilihan ganda dan 5 soal esai. Data dalam penelitian dianalisis menggunakan uji Independent Sample t-Test (parametrik), karena sampel yang digunakan berdistribusi normal dan juga homogen. Hasil analisis data, diperoleh nilai t<sub>hitung</sub>&gt;t<sub>tabel </sub>(4,134&gt;2,021) dengan taraf Signifikansi 0,05. Berdasarkan hasil uji Independent Sample t-Test, terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang belajar menggunakan media Augmented Reality dengan siswa yang bealajar menggunakan media PowerPoint.</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Kata kunci: </strong>Augmented Reality,&nbsp; prestasi belajar, ikatan kimia</p> <p><strong><em>&nbsp;</em></strong></p> <p><strong><em>&nbsp;</em></strong></p> <p><strong><em>Abstract</em></strong></p> <p><em>This study aims to determine whether there are differences in the use of Augmented Reality media to increase student achievement. The type of research used is a quasi-experimental (quasi-experimental) with Posttest Non-Equivalent Control Group Design. In this study, researchers used inferential quantitative methods. The population in question is all MA Al Muhtadi students. The sample in this study consisted of 42 students of class X. The sampling technique used is a judgment sampling technique, because the sample is determined based on consideration of the research objectives. The research instrument used consisted of 8 multiple choice questions and 5 essay questions. The data in the study were analyzed using the Independent Sample t-Test (parametric), because the samples used were normally distributed and homogeneous. The results of data analysis, obtained the value of tcount&gt; ttable (4.134&gt;2.021) with a significance level of 0.05. Based on the results of the Independent Sample t-Test, there are significant differences between students who learn to use Augmented Reality media and students who learn to use PowerPoint media.</em></p> <p><em>&nbsp;</em></p> <p><strong><em>Keywords</em></strong><em>: Augmented Reality, learning achievement, chemical bonding</em></p> 2023-01-30T16:44:29+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/journal-of-chemical-education/article/view/49098 Development of E-modul Flipbook Buffer Solution Based On Discovery Learning Model 2023-01-30T16:48:15+00:00 Syamriani Syamriani 04 syamriani04@gmail.com Jusniar Jusniar jusniar@unm.ac.id Hardin Hardin hardin@unm.ac.id <p>This research and development aim to produce a valid, practical, and effective e-module buffer solution flipbook. The development of this e-module refers to the ADDIE development model which includes the analysis stage, the design stage, the development stage, the implementation stage, and the evaluation stage. There are four subjects in this research, namely media experts and material experts as validity test subjects, chemistry teachers as the practicality test subject,ct, and 35 students in class XI MIPA 3 as the practicality and effectiveness tests subjects. The instruments used for validity are validation sheets by media experts and material experts, practicality, namely observation sheets on the implementation of e-module, teacher and student response questionnaires, and effectiveness, namely learning outcomes tests. The results of this study are: (1) the validity of the digital module from the material expert is 3,6 and the media expert is 3,5 which is in the very valid category with a consistency test between validators are 100% which is in very high criteria, (2) the average percentage of e-module practicality is 85,66%, where the percentage of practicality based on the questionnaire responses of students and teachers the to the digital issue is 85,33% and 86% in the very practical category, 3) e-module meet the effective criteria (≥85%) based on the achievement of class completeness with percentage 88,57%. Based on these data, it is concluded that the e-module flipbook buffer solution developed with the ADDIE model is valid, practical, and effective for use in learning.</p> <p>Keywords&nbsp; ADDIE, E-Module, Buffer SolutionThis research and development aim to produce a valid, practical, and effective e-module buffer solution flipbook. The development of this e-module refers to the ADDIE development model which includes the analysis stage, the design stage, the development stage, the implementation stage, and the evaluation stage. There are four subjects in this research, namely media experts and material experts as validity test subjects, chemistry teachers as the practicality test subject,ct, and 35 students in class XI MIPA 3 as the practicality and effectiveness tests subjects. The instruments used for validity are validation sheets by media experts and material experts, practicality, namely observation sheets on the implementation of e-module, teacher and student response questionnaires, and effectiveness, namely learning outcomes tests. The results of this study are: (1) the validity of the digital module from the material expert is 3,6 and the media expert is 3,5 which is in the very valid category with a consistency test between validators are 100% which is in very high criteria, (2) the average percentage of e-module practicality is 85,66%, where the percentage of practicality based on the questionnaire responses of students and teachers the to the digital issue is 85,33% and 86% in the very practical category, 3) e-module meet the effective criteria (≥85%) based on the achievement of class completeness with percentage 88,57%. Based on these data, it is concluded that the e-module flipbook buffer solution developed with the ADDIE model is valid, practical, and effective for use in learning.<br>Keywords ADDIE, E-Module, Buffer Solution</p> 2023-01-30T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/journal-of-chemical-education/article/view/50019 EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN BERBAGAI APLIKASI DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI SAINS UNTUK SISWA TUNAGRAHITA: LITERATURE REVIEW 2023-01-31T12:55:55+00:00 Deni Ainur Rokhim deniainurrokhim@gmail.com Jacky Anggara Nenohai jackynenohai82@gmail.com Nur Indah Agustina nurindah@gmail.com Munzil Munzil munzil.fmipa@um.ac.id <p>Siswa tunagrahita memiliki kemampuan fungsi intelektual atau kecerdasan di bawah rata-rata anak normal sehingga mengalami kesulitan dalam memahami materi yang abstrak seperti IPA, akan tetapi ada cara yang dapat meningkatkan pemahaman mereka yaitu menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan kemampuannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil efektivitas penggunaan media pembelajaran dari berbagai aplikasi dalam meningkatkan materi sains untuk siswa tunagrahita. Penelitian ini menggunakan metode <em>Systematic Literature Review</em> (SLR) dengan menggunakan database artikel online yaitu ERIC dan <em>Google Scholar</em>. Artikel yang direview sebanyak 10 artikel sesuai topik. Hasil <em>review</em> menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran dalam proses pembelajaran bagi siswa tunagrahita sangat berpengaruh dalam meningkatkan pemahaman pada materi IPA. Media pembelajaran yang digunakan banyak berasal dari berbagai aplikasi seperti media yang menggabungkan sisi edukasi dan hiburan seperti menggunakan video, permainan (<em>game</em>), media visual seperti gambar dan lainnya sesuai dengan kebutuhan siswa tunagrahita. Berdasarkan hasil <em>literature review</em> dari peneliti sebelumnya, maka disimpulkan bahwa media pembelajaran sangat efektif dalam meningkatkan pemahaman materi untuk siswa tunagrahita</p> 2023-01-31T12:55:55+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/journal-of-chemical-education/article/view/50479 PENGGUNAAN LABORATORIUM VIRTUAL DALAM PROSES PEMBELAJARAN KIMIA UNTUK MENINGKATKAN KETUNTASAN BELAJAR SISWA 2023-01-31T13:03:55+00:00 Fatayah Fatayah fatayah.univbillfath@gmail.com <p><strong>Abstrak</strong></p> <p>Perkembangan teknologi saat ini dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. Dalam pemanfaatan teknologi, untuk membantu proses pembelajaran siswa berbasis praktikum jika mengalami kendala pada keterbatasan kebutuhan pratikum salah satunya menggunakan laboratorium virtual. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa setelah dibelajarkan menggunakan aplikasi edustore pada materi laju reaksi. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Tahapan penelitian ini, yaitu uji kelayakan perangkat pembelajaran (RPP), uji validasi soal tes, dan praktikum dan pembelajaran melalui media laboratorium virtual, pemberian soal tes. Analisis tes awal dapat diketahui bahwa ke empatbelas siswa yang menjadi subjek penelitian ini hanya satu siswa yang mencapai ketuntasan pada indikator 1. Dari analisis tes akhir dapat diketahui bahwa dari keempatbelas siswa yang menjadi subjek penelitian, 100% telah mencapai ketuntasan pada indikator 1 sedangkan pada indikator 2 ada 2 siswa yang belum tuntas artinya ada 86% siswa yang mencapai ketuntasan pada indikator 2. Pada indikator 3 ada&nbsp; 3 siswa yang belum mencapai ketuntasan (78% siswa sudah mencapai ketuntasan). Artinya, dengan menerapkan membelajaran berbantuan media laboratorium virtual pada materi laju reaksi dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa.</p> <p>&nbsp;<strong>Kata kunci: </strong>Laboratorium Virtual, Kimia, Ketuntasan Belajar &nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;<strong><em>Abstract</em></strong></p> <p><em>Current technological developments can be used to improve the quality of learning in schools. In the use of technology, to help the practicum-based student learning process if they experience problems with the limited practical needs, one of them is using a virtual laboratory. The purpose of this study was to determine the mastery of student learning after being taught using the edustore application on the reaction rate material. The research design used in this research is descriptive analysis. The stages of this research, namely the feasibility test of learning devices (RPP), validation test of test questions, and practicum and learning through virtual laboratory media, giving test questions. Analysis of the initial test can be seen that the fourteen students who became the subject of this study only one student who achieved completeness in indicator 1. 2 there are 2 students who have not completed it means that there are 86% of students who have achieved completeness in indicator 2. In indicator 3 there are 3 students who have not achieved completeness (78% of students have achieved completeness). That is, by applying virtual laboratory media-assisted learning on the reaction rate material, it can increase student</em><em> learning mastery</em></p> <p><em>&nbsp;</em><strong><em>Key words: </em></strong><em>Virtual Laboratory, Chemistry, Mastery Learning &nbsp;</em></p> 2023-01-31T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/journal-of-chemical-education/article/view/50660 PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS LITERASI SAINS MATERI ASAM BASA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMK 2023-01-31T13:08:25+00:00 M. Rizki Fadhli Putra rizki.18036@mhs.unesa.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-LKPD berbasis literasi sains untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi asam basa yang layak digunakan. Prinsip literasi sains pada E-LKPD ini terdapat beberapa domain yaitu domain pengetahuan konten, domain konteks, domain fenomena ilmiah, domain sikap. Metode penelitian yang dipakai&nbsp; adalah model pengembangan 4-D (<em>Define, Design, Develop, and Disseminate</em>) tetapi penelitian hanya sampai tahap <em>develop</em>. Hasil dari E-LKPD diuji cobakan kepada peserta didik SMK kelas XI farmasi yang berjumlah 22 peserta didik. Kelayakan E-LKPD ditinjau dari tiga aspek yaitu aspek validitas, kepraktisan dan keefektifan. Hasil pengembangan E-LKPD yang didapatkan bahwa kelayakan E-LKPD yang dinilai dari validitas dinyatakan sangat valid dengan presentase validitas sebesar 81,25%. Kepraktisan E-LKPD ini menunjukkan hasil praktis dengan nilai yang ditunjukkan hasil angket respon positif peserta didik dengan presentase 78,7%. Keefektifan E-LKPD menyatakan hasil yang sangat efektif berdasarkan peningkatan hasil belajar peserta didik yang menunjukkan perbedaan signifikan melalui uji <em>paired sample t-test</em> dengan nilai Sig. (2-tailed) 0,000. Berdasarkan uraian diatas E-LKPD yang dikembangkan dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses belajar mengajar khususnya asam basa.</p> <p>Kata kunci : Lembar kerja peserta didik, Literasi Sains, Asam Basa</p> 2023-01-31T13:08:25+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/journal-of-chemical-education/article/view/49413 ANALYSIS OF STUDENT’S LEARNING MASTERY ON THE SUBJECT OF ION EQUILIBRIUM AND pH OF SALT SOLUTIONS THROUGH LIMITED FACE-TO-FACE LEARNING 2023-01-31T13:11:57+00:00 Dinda Melissa Ardi dindamelissa.ardi@gmail.com <p><em>The </em><em>study </em><em>aims </em><em>to</em> <em>analyze</em><em> how the student</em><em>’</em><em>s</em> <em>learning mastery on the subject of </em><em>ion equilibrium and pH of salt solutions</em><em> through </em><em>limited face-toface learning in the 2021/2022 academic year </em><em>in class XI MIPA SMAN </em><em>14</em> <em>Pekanbaru</em><em> This research quantitative descriptive research. The data collection tools in the study were</em> <em>&nbsp;interviews</em> <em>and documentation of daily </em><em>ion equilibrium and pH of salt solutions</em><em> scores. The data analysis technique was carried out qualitatively</em><em> and quantitatively.</em> <em>Qualitative</em><em> data was processed descriptively in such a way that it could describe the </em><em>ion equilibrium and pH of salt solutions</em><em> learning process in class XI MIPA SMAN </em><em>14</em> <em>Pekanbaru</em><em>. </em><em>Q</em><em>uantitative </em><em>data in the form of </em><em>student</em><em>’s </em><em>daily test results</em><em> are used</em><em> to </em><em>analyze</em><em> how student</em><em>’</em><em>s'learning mastery is, both individually, classically, and indicator mastery. Based on the results of the study, the percentage of individual completeness of students who completed was </em><em>55,2</em><em>% and students who did not completed were </em><em>44,8</em><em>%. The percentage of classical completeness of class XI students of SMAN </em><em>14</em> <em>Pekanbaru</em><em> is </em><em>54,4</em><em>%. The percentage of indicators with the highest completeness is 100%, while the indicators with the lowest completeness are </em><em>40</em><em>%</em></p> 2023-01-31T13:11:57+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/journal-of-chemical-education/article/view/49635 The Pengembangan Tes Literasi Membaca dan Numerasi Materi Larutan Buffer Berbasis Kompetensi Minimum Untuk Identifikasi Kemampuan Metakognisi 2023-01-31T13:18:11+00:00 Yusuf Rahmad - Ramadhan yusufrahmadr35@students.unnes.ac.id <p>Penelitian bertujuan mengembangkan instrumen tes literasi membaca dan numerasi berbasis kompetensi minimum untuk mengidentifikasi kemampuan metakognisi peserta didik pada materi larutan buffer. Metode penelitian berupa Research &amp; Development (RnD) model ADDIE. Subjek penelitian adalah 30 peserta didik kelas XI MIPA 1 SMA N 1 Mojolaban. Teknik analisis data metakognisi berupa hasil jawaban instrumen tes paket A dan B. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dengan permodelan rasch dan aplikasi Winsteps. Validitas tes paket A dan B melalui penilaian pakar didapatkan rata-rata skor sebesar 54 dari total skor 60 dan mencapai taraf validitas sangat baik. Desain instrumen tes paket A dan B yang dikembangkan dinyatakan reliabel dan valid dengan kondisi seluruh butir soal sesuai kriteria item fit, tidak ada yang bermasalah dan output interaksi antara responden dengan item sudah terdapat kesesuaian. Hasil tes kompetensi minimum tes paket A dan B memiliki proporsi ketercapaian tertinggi pada materi perhitungan pH sebesar 43% dan 36%. Profil metakognisi tes paket A paling besar dimiliki metakognisi level tinggi 61% sementara tes paket B paling besar dimiliki profil metakognisi level rendah dengan 42% dan level sedang 33%. Simpulan dari penelitian adalah instrumen tes yang dikembangkan dapat dikatakan valid, reliabel dan mampu <br>mengukur profil metakognisi peserta didik dengan baik</p> 2023-01-31T13:18:11+00:00 ##submission.copyrightStatement##