PENGARUH GURU DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP KEPUTUSAN PESERTA DIDIK DALAM MEMILIH LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR (Studi Pada Lembaga Bimbingan Belajar Primagama Driyorejo – Gresik)

  • EKA NURMAVITA YUNIAWATI

Abstract

Penelitian ini untuk melihat faktor sosial dalam perilaku konsumen yang memiliki pengaruh dalam proses pengambilan keputusan pembelian seseorang terhadap jasa LBB, dimana peneliti mempersempit kajian perilaku konsumen yang diteliti hanya pada faktor sosial yang terdiri dari guru dan teman sebaya. Objek penelitian ini adalah peserta didik LBB Primagama Driyorejo – Gresik.Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel teman sebaya berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian.Hasil analisis menggunakan uji t dapat diketahui bahwa kedua variabel independen yaitu guru dan teman sebaya secara parsial berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen yaitu kepuasan konsumen.Kemudian hasil analisis menggunakan uji F dapat diketahui bahwa kedua variabel independen yaitu guru dan teman sebaya secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen yaitu kepuasan konsumen.Hasil analisis menggunakan koefisien determinasi diketahui bahwa keputusan pemilihan LBB Primagama dapat dipengaruhi oleh guru dan teman sebaya. Sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini.

Kata kunci : guru, teman sebaya, keputusan pemilihan.

Published
2015-01-30
How to Cite
NURMAVITA YUNIAWATI, E. (2015). PENGARUH GURU DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP KEPUTUSAN PESERTA DIDIK DALAM MEMILIH LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR (Studi Pada Lembaga Bimbingan Belajar Primagama Driyorejo – Gresik). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 3(1). https://doi.org/10.26740/jptn.v3n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 77
PDF Downloads: 434