PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN DAYA TARIK IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK “Mie Sedaap Cup”(Studi Pada Mahasiswa Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya)

  • ABIIDURRAHMAN

Abstract

Salah satu persaingan industri makanan atau minuman yang siap bersaing dan  memasuki pasar secara nasional adalah industri mie instan dalam kemasan cup. Persaingan makanan instan berupa mie instan dalam kemasan cup semakin ketat. Oleh sebab itu sebagai produsen pesaing, PT. Wingsfood harus mampu berinovasi dengan strategi pemasaran yang efektif dan terencana guna meningkatkan minat beli konsumen yang berujung pada keputusan untuk membeli produk Mie Sedaap Cup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan daya tarik iklan secara simultan dan parsial terhadap keputusan pembelian produk Mie Sedaap Cup. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Niaga angkatan 2012 sampai 2014 yang ada di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya yang berjumlah 206 mahasiswa. Sampel yang diambil sebanyak 136 responden dan  menggunakan teknik aksidental sampling dan purposive sampling. Hasil penelitian dengan menggunakan uji F menunjukkan bahwa kualitas produk dan daya tarik iklan berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian. Kemudian melalui uji t diketahui bahwa kualitas produk (X1) berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar 4,182 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 atau 5%, sedangkan daya tarik iklan diketahui memiliki nilai sebesar 9,168 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,002 < 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa daya tarik iklan berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian.

 Kata Kunci : kualitas produk, daya tarik iklan, keputusan pembelian

Published
2015-01-30
How to Cite
ABIIDURRAHMAN,. (2015). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN DAYA TARIK IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK “Mie Sedaap Cup”(Studi Pada Mahasiswa Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 3(1). https://doi.org/10.26740/jptn.v3n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 197
PDF Downloads: 1024