Pengaruh Harga dan Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian Motor Yamaha V-ixion di Dieler Mataram sakti   Kabupaten Nganjuk

  • M ARIF MAULANA LUTFI

Abstract

Di era globalisasi ini persaingan bisnis menjadi sangat tajam, baik di pasar nasional (domestik) maupun di pasar internasional, akibatnya timbul persaingan dalam menciptakan produk-produk yang berkualitas. Salah satu persaingan industri otomotif yang siap bersaing dan  memasuki pasar secara nasional adalah industri sepeda motor dengan jenis Yamaha V-ixion. Akan tetapi, persaingan di industri sepeda motor  sudah semakin ketat dengan jarak waktu yang singkat. Oleh sebab itu sebagai produsen pionir, Dieler “Yamaha Mataram Sakti” harus mampu berinovasi dengan strategi pemasaran yang efektif dan terencana guna meningkatkan minat beli konsumen yang berujung pada keputusan untuk membeli produk sepeda motor Yamaha V-ixion. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan kualitas secara simultan dan parsial terhadap keputusan pembelian produk Yamaha V-ixion

Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif  kuantitatif, dalam penelitian ini, populasi penelitian mengacu pada data dari dieler Mataram Sakti tahun 2014 yang meliputi wilayah Kabupaten Nganjuk sebanyak 204 responden. Sampel yang diambil sebanyak 135 responden dengan karakteristik populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat yang  pernah membeli sepeda motor Yamaha V-ixion dengan   menggunakan teknik simple random sampling.Hasil penelitian dengan menggunakan uji t menunjukan bahwa harga  motor Yamaha V-Ixion mempunyai pengaruh signifikan terhadap Keputusan pembelian Sepeda motor Yamaha V-Ixion   pada  Dealer Mataram Sakti Nganjuk yakni sebesar 7,369 dengan nilai signifikansi 0.000, maka nilai signifikansi tersebut lebih kecil dari taraf signfikansi 0.05. sedangkan kualitas mempengaruhi keputusan pembelian sebesar 4,177 dengan nilai signifikansi 0.000, maka nilai signifikansi tersebut lebih besar dari taraf signfikansi 0.05. Jika ditinjau dengan hasil penelitian dengan uji f menunjukkan bahwa harga dan kualitas berpengaruh signifikan secara simultan yakni sebesar 70,534 dengan nilai signifikansi sebesar 0.000 dimana lebih kecil dari taraf signifikansi a=0,05.

Kata Kunci : harga, kualitas, keputusan pembelian

Published
2015-01-30
How to Cite
ARIF MAULANA LUTFI, M. (2015). Pengaruh Harga dan Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian Motor Yamaha V-ixion di Dieler Mataram sakti   Kabupaten Nganjuk. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 3(1). https://doi.org/10.26740/jptn.v3n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 30
PDF Downloads: 277