Pengaruh Harga dan Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian Motor Yamaha V-ixion di Dieler Mataram sakti Kabupaten Nganjuk
Abstract
Di era globalisasi ini persaingan bisnis menjadi sangat tajam, baik di pasar nasional (domestik) maupun di pasar internasional, akibatnya timbul persaingan dalam menciptakan produk-produk yang berkualitas. Salah satu persaingan industri otomotif yang siap bersaing dan memasuki pasar secara nasional adalah industri sepeda motor dengan jenis Yamaha V-ixion. Akan tetapi, persaingan di industri sepeda motor sudah semakin ketat dengan jarak waktu yang singkat. Oleh sebab itu sebagai produsen pionir, Dieler “Yamaha Mataram Sakti” harus mampu berinovasi dengan strategi pemasaran yang efektif dan terencana guna meningkatkan minat beli konsumen yang berujung pada keputusan untuk membeli produk sepeda motor Yamaha V-ixion. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan kualitas secara simultan dan parsial terhadap keputusan pembelian produk Yamaha V-ixion
Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif, dalam penelitian ini, populasi penelitian mengacu pada data dari dieler Mataram Sakti tahun 2014 yang meliputi wilayah Kabupaten Nganjuk sebanyak 204 responden. Sampel yang diambil sebanyak 135 responden dengan karakteristik populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat yang pernah membeli sepeda motor Yamaha V-ixion dengan menggunakan teknik simple random sampling.Hasil penelitian dengan menggunakan uji t menunjukan bahwa harga motor Yamaha V-Ixion mempunyai pengaruh signifikan terhadap Keputusan pembelian Sepeda motor Yamaha V-Ixion pada Dealer Mataram Sakti Nganjuk yakni sebesar 7,369 dengan nilai signifikansi 0.000, maka nilai signifikansi tersebut lebih kecil dari taraf signfikansi 0.05. sedangkan kualitas mempengaruhi keputusan pembelian sebesar 4,177 dengan nilai signifikansi 0.000, maka nilai signifikansi tersebut lebih besar dari taraf signfikansi 0.05. Jika ditinjau dengan hasil penelitian dengan uji f menunjukkan bahwa harga dan kualitas berpengaruh signifikan secara simultan yakni sebesar 70,534 dengan nilai signifikansi sebesar 0.000 dimana lebih kecil dari taraf signifikansi a=0,05.
Kata Kunci : harga, kualitas, keputusan pembelian
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 277