PENGARUH BAURAN IKLAN TELEVISI TERHADAP MINAT BELI SHAMPO SUNSILK BLACK & SHINE PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

  • VIVIAN FLORINTA SUWADJI

Abstract

Iklan adalah salah satu komponen marketing mix yang umum dilakukan oleh perusahaan. Bahkan kegiatan iklan dianggap sangat penting jika ingin produknya sukses di pasar. Unilever menggunakan media iklan televisi untuk memperkenalkan produk sunsilk black and shine. Pemakaian iklan televisi diharapkan bisa mempengaruhi konsumen untuk membeli shampo sunsilk black and shine dalam penelitian ini yang digunakan adalah versi Raisa Andriana sebagai endorser. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh iklan televisi yang meliputi pesan iklan, audio, bintang iklan, dialog, penampilan visual, dan pengaturan secara simultan dan parsial terhadap minat beli shampo sunsilk black and shine pada mahasiswa jurusan pendidikan ekonomi Universitas Negeri Surabaya serta untuk mengetahui sub variabel dominan yang berpengaruh. Penelitian ini menggunakan populasi Mahasiswa Pendidikan Ekonomi tahun 2012 Fakultas Ekonomi di Universitas Negeri Surabaya (UNESA) yang pernah melihat iklan Shampo Sunsilk Black and Shine minimal dua kali, dimana Raisa Andriana merupakan endorser iklan produk tersebut yang ditayangkan di televisi. Serta dalam pengambilan sampel dengan cara non probability sampling dan teknik untuk menarik sampel adalah sampling jenuh. Hasil analisis dari regresi linier berganda diperoleh persamaan regresi Y = a+b1X1 + b2X2 + b3X3 +  b4X4 + b5X5 + b6X6, karena semua koefisien regresi bertanda positif maka mempunyai arti bahwa setiap perubahan variabel independen maka akan diimbangi dengan perubahan variabel dependen dengan arah yang sama. Berdasarkan Uji F terdapat pengaruh secara simultan sub variabel iklan televisi terhadap minat beli konsumen. Pada Uji T yang dihasilkan oleh regresi linier berganda, sub variabel iklan televisi yang meliputi pesan iklan, audio, bintang iklan, dialog, penampilan visual, dan pengaturan berpengaruh terhadap minat beli konsumen yang ditunjukkan dari tingkat signifikansi yang nilainya lebih kecil dari 0,05. Sub variabel yang memiliki pengaruh paling dominan terhadap minat pembelian Sampo Sunsilk black and shine di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya adalah sub variabel penampilan visual, dimana nilai thitung sebesar 3,813 merupakan nilai terbesar diantara sub variabel lainnya.

 kata kunci : sub variabel iklan televisi, minat beli

Published
2015-01-30
How to Cite
FLORINTA SUWADJI, V. (2015). PENGARUH BAURAN IKLAN TELEVISI TERHADAP MINAT BELI SHAMPO SUNSILK BLACK & SHINE PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 3(1). https://doi.org/10.26740/jptn.v3n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 64
PDF Downloads: 141