PENGARUH BAURAN IKLAN TELEVISI TERHADAP MINAT BELI SHAMPO SUNSILK BLACK & SHINE PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
Abstract
Iklan adalah salah satu komponen marketing mix yang umum dilakukan oleh perusahaan. Bahkan kegiatan iklan dianggap sangat penting jika ingin produknya sukses di pasar. Unilever menggunakan media iklan televisi untuk memperkenalkan produk sunsilk black and shine. Pemakaian iklan televisi diharapkan bisa mempengaruhi konsumen untuk membeli shampo sunsilk black and shine dalam penelitian ini yang digunakan adalah versi Raisa Andriana sebagai endorser. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh iklan televisi yang meliputi pesan iklan, audio, bintang iklan, dialog, penampilan visual, dan pengaturan secara simultan dan parsial terhadap minat beli shampo sunsilk black and shine pada mahasiswa jurusan pendidikan ekonomi Universitas Negeri Surabaya serta untuk mengetahui sub variabel dominan yang berpengaruh. Penelitian ini menggunakan populasi Mahasiswa Pendidikan Ekonomi tahun 2012 Fakultas Ekonomi di Universitas Negeri Surabaya (UNESA) yang pernah melihat iklan Shampo Sunsilk Black and Shine minimal dua kali, dimana Raisa Andriana merupakan endorser iklan produk tersebut yang ditayangkan di televisi. Serta dalam pengambilan sampel dengan cara non probability sampling dan teknik untuk menarik sampel adalah sampling jenuh. Hasil analisis dari regresi linier berganda diperoleh persamaan regresi Y = a+b1X1 + b2X2 + b3X3 + b4X4 + b5X5 + b6X6, karena semua koefisien regresi bertanda positif maka mempunyai arti bahwa setiap perubahan variabel independen maka akan diimbangi dengan perubahan variabel dependen dengan arah yang sama. Berdasarkan Uji F terdapat pengaruh secara simultan sub variabel iklan televisi terhadap minat beli konsumen. Pada Uji T yang dihasilkan oleh regresi linier berganda, sub variabel iklan televisi yang meliputi pesan iklan, audio, bintang iklan, dialog, penampilan visual, dan pengaturan berpengaruh terhadap minat beli konsumen yang ditunjukkan dari tingkat signifikansi yang nilainya lebih kecil dari 0,05. Sub variabel yang memiliki pengaruh paling dominan terhadap minat pembelian Sampo Sunsilk black and shine di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya adalah sub variabel penampilan visual, dimana nilai thitung sebesar 3,813 merupakan nilai terbesar diantara sub variabel lainnya.
kata kunci : sub variabel iklan televisi, minat beli
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 141