ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN ORANG TUA MEMILIH LEMBAGA PENDIDIKAN TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU (TK IT) NURUL FIKRI SUKODONO SIDOARJO
DOI:
https://doi.org/10.26740/jptn.v3n3.p%25pAbstract
TK Islam Terpadu Nurul Fikri merupakan (TK) yang terus berkembang dan paling diminati di wilayah kecamatan sukodono Sidoarjo meskipun persaingan antar lembaga pendidikan TK modern yang semakin kompetitif diwilayah sukodono Sidoarjo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor apakah yang mempengaruhi keputusan orang tua memilih lembaga pendidikan TK islam terpadu Nurul Fikri sukodono Sidoarjo serta untuk mengetahui faktor mana yag paling mempengaruhi keputusan orang tua memilih lembaga pendidikan TK islam terpadu Nurul Fikri sukodono Sidoarjo. Jenis penelitian adalah analisis faktor menggunakan software SPSS 16 dan teknik analisis faktor yang bersifat confirmatoring berikut faktor-faktor: faktor internal yaitu Motivasi, Persepsi, Proses belajar, Sikap. faktor eksternal yaitu Keluarga, Kelompok refrensi, Religius, Citra lembaga, Keamanan sekolah, Product, Price, Promotion, Place, People, Process dan Physical Evident. Teknik pengambilan sempel menggunakan teknik sampling jenuh dengan jumlah responden 154. Hasil penelitian ini adalah yang mempengaruhi orang tua dalam pengeambilan keputusan memilih (TK) Islam Terpadu Nurul Fikri sukodono Sidoarjo dipenggaruhi oleh 5 kelompok faktor yaitu: faktor product total varians sebesar 30,463%, faktor citra sekolah total varians sebesar 10,269%, faktor promotion total varians sebesar 10,140%, faktor motivasi total varians sebesar 9,325% dan faktor keluarga dengan total varians sebesar 7,932%. Faktor yang paling dominan dalam penelitian ini yang memepengaruhi keputusan orang tua memilih (TK) Islam Terpadu Nurul Fikri sukodono Sidoarjo adalah faktor product.
Kata Kunci: Analisis Faktor, Product, Citra lembaga, Motivasi, Keluarg
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

