ANALISIS SIKAP KONSUMEN BERDASARKAN ATRIBUT PRODUK SEPATU OLAHRAGA LEAGUE DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN MULTIATRIBUT FISHBEIN

  • JASULI

Abstract

Sikap merupakan salah satu faktor internal. Sikap konsumen akan menunjukkan produk apa yang disukaia atau merek apa yang disukai. Jika konsumen menyukai suatu produk maka keputusan konsumen akan jatuh pada produk yang disukai. Sikap konsumen terhadap sepatu olahraga berbeda berdasarkan pada atribut produk yang melekat. Karena itu perlu dilakukan riset untuk mengetahui bagaimana sikap konsumen terhadap produk tersebut dengan menganalisis sikap konsumen berdasarkan atribut produk.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sikap konsumen berdasarkan atribut produk sepatu olahraga League dengan menggunakan pendekatan multiatribut Fishbein (studi pada mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Unesa). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Unesa angkatan 2012 yang telah membeli dan menggunakan sepatu olahraga League. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non probability samping dengan aksidental sampling, dengan jumlah 172 responden. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dan dianalisis dengan model multiatribut Fishbein. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa sikap mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan berdasarkan atribut produk sepatu olahraga League adalah positif, sedangkan atribut produk sepatu olaharaga League yang paling dominan terhadap sikap mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Unesa adalah kualitas.

Kata Kunci: Sikap, atribut produk dan model multiatribut Fishbein

Published
2016-05-17
How to Cite
JASULI,. (2016). ANALISIS SIKAP KONSUMEN BERDASARKAN ATRIBUT PRODUK SEPATU OLAHRAGA LEAGUE DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN MULTIATRIBUT FISHBEIN. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 4(2). https://doi.org/10.26740/jptn.v4n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 56
PDF Downloads: 338