ANALISIS SIKAP KONSUMEN BERDASARKAN ATRIBUT PRODUK SEPATU OLAHRAGA LEAGUE DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN MULTIATRIBUT FISHBEIN
Abstract
Sikap merupakan salah satu faktor internal. Sikap konsumen akan menunjukkan produk apa yang disukaia atau merek apa yang disukai. Jika konsumen menyukai suatu produk maka keputusan konsumen akan jatuh pada produk yang disukai. Sikap konsumen terhadap sepatu olahraga berbeda berdasarkan pada atribut produk yang melekat. Karena itu perlu dilakukan riset untuk mengetahui bagaimana sikap konsumen terhadap produk tersebut dengan menganalisis sikap konsumen berdasarkan atribut produk.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sikap konsumen berdasarkan atribut produk sepatu olahraga League dengan menggunakan pendekatan multiatribut Fishbein (studi pada mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Unesa). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Unesa angkatan 2012 yang telah membeli dan menggunakan sepatu olahraga League. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non probability samping dengan aksidental sampling, dengan jumlah 172 responden. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dan dianalisis dengan model multiatribut Fishbein. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa sikap mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan berdasarkan atribut produk sepatu olahraga League adalah positif, sedangkan atribut produk sepatu olaharaga League yang paling dominan terhadap sikap mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Unesa adalah kualitas.
Kata Kunci: Sikap, atribut produk dan model multiatribut Fishbein
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 338