PENGARUH VARIABEL BAURAN RITEL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI LOTTEMart WHOLESALE SIDOARJO

  • BARNOWO

Abstract

LOTTEMart Wholesale Sidoarjo merupakan ritel modern dengan konsep wholesaler di Sidoarjo. Tingginya tingkat persaingan ritel di Sidoarjo membuat LOTTEMart Wholesale Sidoarjo harus mempunyai strategi pemasaran untuk mempengaruhi keputusan pembelian konsumen di gerainya. Strategi yang dilakukan diantaranya mengkombinasikan berbagai variabel bauran ritel. Variabel bauran ritel tersebut meliputi produk, harga, promosi, pelayanan, dan fasilitas fisik.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel bauran ritel terhadap keputusan pembelian di LOTTEMart Wholesale Sidoarjo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling purposive dengan jumlah 219 responden. Penelitian ini menggunakan metode Analisis Regresi Linier Berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel produk (X1), harga (X2), promosi (X3), pelayanan (X4), fasilitas fisik (X5), secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara parsial variabel produk, harga, promosi, pelayanan, fasilitas fisik mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel  harga (X2) memiliki pengaruh paling tinggi terhadap keputusan pembelian di LOTTEMart Wholesale Sidoarjo.

 Kata Kunci: Variabel Bauran Ritel, Analisis Regresi Linier Berganda, Keputusan Pembelian

Published
2016-05-18
How to Cite
BARNOWO,. (2016). PENGARUH VARIABEL BAURAN RITEL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI LOTTEMart WHOLESALE SIDOARJO. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 4(2). https://doi.org/10.26740/jptn.v4n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 35
PDF Downloads: 37