PENGARUH KUALITAS LAYANAN INTERNET BANKING DAN NILAI NASABAH TERHADAP KEPUASAN NASABAH (Studi Pada PT. Bank Central Asia Tbk Kantor Cabang Pembantu Juanda, Sidoarjo)
Abstract
Pengembangan e-banking relatif lebih efisien dengan dukungan teknologi informasi. E-banking menawarkan kemudahan tanpa batas kepada nasabah. Salah satu bank yang menjadi pelopor bagi sistem layanan internet banking ialah BCA dengan layanan klikBCA. Dengan hadirnya e-banking tidak hanya nasabah saja yang mendapatkan manfaat melainkan juga menciptakan efek manfaat yang lain bagi bank, yakni meningkatkan pendapatan berbasis komisi atau biaya (fee based income). Setiap perusahaan berorientasi kepada konsumen akan selalu berusaha untuk memberikan produk dan layanan terbaik kepada konsumennya, terutama dalam pemenuhan harapan konsumen melalui kualitas jasa dan pelayanan yang diberikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bermaksud memberikan penjelasan hubungan antar variabel melalui pengujian hipotesis. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode kuesioner. Metode kuesioner ini digunakan untuk mengetahui pendapat dan jawaban dari para responden menyangkut variabel kualitas pelayanan internet banking dan nilai nasabah terhadap variabel kepuasan nasabah. Hasil dari penelitian hasil penelitian ini menunjukkan kualitas layanan Internet banking dan nilai nasabah BCA Kantor cabang Pembantu Juanda, Sidoarjo. maka dapat ditarik kesimpulan bahwa kualitas layanan Internet banking berpengaruh positif terhadap kepuasan nasabah di BCA Kantor cabang Pembantu Juanda, Sidoarjo. Semakin baik kualitas layanan Internet banking yang diberikan oleh BCA maka semakin besar pula kepuasan nasabah BCA KCP Juanda, Sidoarjo. Begitu juga nilai nasabah berpengaruh positif terhadap kepuasan nasabah di BCA KCP Juanda, Sidoarjo. Semakin besar nilai yang dirasakan nasabah maka semakin besar pula kepuasan nasabah BCA KCP Juanda, Sidoarjo. Maka dapat disimpulkan bahwa kualitas layanan Internet banking dan nilai nasabah secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap kepuasan nasabah di BCA KCP Juanda, Sidoarjo.
Kata Kunci: Kualitas Layanan, Internet Banking, Nilai Nasabah, Kepuasan Nasabah.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 181