PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Pada Depot Pak Qomar Surabaya)

  • SITI AULIA

Abstract

Bisnis kuliner di Surabaya semakin meningkat dan mengalami perkembangan yang sangat pesat, menyebabkan bertambahnya pilihan bagi konsumen. Dengan adanya persaingan bisnis yang ada, terutama persaingan yang berasal dari sejenis membuat pengusaha semakin dituntut agar bergerak lebih cepat dalam hal menarik konsumen. Depot Pak Qomar Surabaya harus mampu memanfaatkan peluang bisnis dan berusaha menerapkan strategis pemasaran dan faktor yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, kualitas produk, dan lokasi terhadap keputusan pembelian (studi pada Depot Pak Qomar Surabaya). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sample menggunakan teknik nonprobability sampling dengan pendekatan accidental sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode survei melalui angket yang diisi oleh responden. Sampel penelitian yang digunakan sebanyak 264 responden. Penelitian ini menggunakan metode Analisis Regresi Linear Berganda. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji T dan uji F. Dari hasil penelitian dengan menggunakan uji T, diketahui bahwa Kualitas produk (X1) berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar 5.162 didukung pula dengan tingkat sinifikansi sebesar 0,000 < 0,05 atau 5%. Harga (X2) diketahui memiliki nilai sebesar 14.307 didukung pula dengan tingkat sinifikansi sebesar 0,000 < 0,05 atau 5%, sedangkan lokasi (X3) memiliki nilai sebesar 4.421 didukung pula dengan tingkat signifikansi sebesar 0,002 < 0,05 atau 5%. Hal ini menunjukkan bahwa variabel yang dominan dalam mempengaruhi keputusan pembelian adalah variabel harga (X2). Variabel kualitas produk (X1), harga (X2), dan lokasi (X3) berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian. Hal ini dapat dilihat dari besarnya nilai Adjusted R Square sebesar 0,878.

Kata Kunci: Kualitas produk, harga, lokasi, dan keputusan pembelian

Published
2016-06-28
How to Cite
AULIA, S. (2016). PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Pada Depot Pak Qomar Surabaya). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 4(3). https://doi.org/10.26740/jptn.v4n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 694
PDF Downloads: 956