DAMPAK MOTIVASI DAN KELOMPOK ACUAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ASSESORIS KOREA PADA ANGGOTA KOMUNITAS BABY DI SURABAYA

  • DELAH AYU DITA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar dampak motivasi dan kelompok acuan terhadap keputusan pembelian assesoris Korea pada anggota Komunitas Baby di Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kausal dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sample menggunakan teknik nonprobability sampling dengan pendekatan purposive sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode survei melalui angket yang diisi oleh responden. Sampel penelitian yang digunakan sebanyak 78 responden. Penelitian ini menggunakan metode Analisis Regresi Linear Berganda. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji F dan uji t. Hasil analisis data yang diperoleh menunjukkan bahwa kondisi motivasi dan kelompok acuan pada Anggota Komunitas Baby Surabaya tergolong kuat dan baik. Dengan menggunakan uji F, diketahui bahwa Variabel motivasi (X1) dan kelompok acuan (X2) berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian. Berdasar uji t, diketahui bahwa motivasi (X1) berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Kelompok acuan (X2) berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini menunjukkan bahwa variabel yang dominan dalam memberikan dampak pada keputusan pembelian adalah variabel motivasi (X1). Sejauh yang sudah dibaca variabel dan obyek penelitian yang digunakan ini belum pernah ditemukan kesamaan dengan penelitian lain.

Istilah Kunci: Motivasi, kelompok acuan, dan keputusan pembelian

Published
2016-07-25
How to Cite
AYU DITA, D. (2016). DAMPAK MOTIVASI DAN KELOMPOK ACUAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ASSESORIS KOREA PADA ANGGOTA KOMUNITAS BABY DI SURABAYA. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 4(3). https://doi.org/10.26740/jptn.v4n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 65
PDF Downloads: 123