DAMPAK PENERAPAN KUALITAS LAYANAN DAN TARIF TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA BUS HARAPAN JAYA TRAYEK TRENGGALEK SURABAYA

  • ZUMROTUL QORIAH

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar dampak kualitas layanan dan tarif terhadap kepuasan pengguna jasa bus Harapan Jaya trayek Trenggalek Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. pendekatan kuantitatif yang berusaha mengetahui dampak kualitas layanan dan tarif terhadap kepuasan pengguna bus Harapan Jaya trayek Trenggalek Surabaya. Populasi penelitian adalah pengguna bus Harapan Jaya dalam kurun waktu 1 bulan yang berjumlah 21.771 penumpang. Sampel penelitian berjumlah 100 responden yang ditetapkan secara nonprobability sampling dengan teknik sampel insidental. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan bantuan program SPSS (Statistic Program for Social System) For Windows versi 16.0. Skala pengukuran menggunakan skala likert.  Hasil analisis data yang diperoleh menunjukkan bahwa kondisi kualitas layanan dan tarif terhadap kepuasan pengguna bus Harapan jaya tergolong kuat dan baik. Dampak kualitas layanan terhadap kepuasan pengguna bus secara parsial berpengaruh positif dan signifikan. Dampak tarif terhadap kepuasan pengguna bus secara parsial berpengaruh negatif dan signifikan. Dampak kualitas layanan dan tarif terhadap kepuasan pengguna bus secara simultan berpengaruh signifikan. Sejauh yang sudah dibaca variabel dan obyek penelitian yang digunakan ini belum pernah ditemukan kesamaan dengan penelitian lain.

Istilah Kunci: Kualitas layanan, Harga, dan Kepuasan Pembelian

Published
2016-07-25
How to Cite
QORIAH, Z. (2016). DAMPAK PENERAPAN KUALITAS LAYANAN DAN TARIF TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA BUS HARAPAN JAYA TRAYEK TRENGGALEK SURABAYA. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 4(3). https://doi.org/10.26740/jptn.v4n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 50
PDF Downloads: 80