PENGARUH KELOMPOK ACUAN, VARIAN PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKO “WINDY COLLECTION” DUKUN GRESIK

  • ARINA ANGGUN FIRDAUS

Abstract

Sepatu dan sandal saat ini sudah menjadi barang yang wajib digunakan untuk menyempurnakan penampilan.Model dan desain sepatu dan sandal saat ini sudah sangat bermacam-macam.Banyak pilihan model sepatu dan sandal yang membuat pemakai semakin terlihat fashionable.Kelompok acuan merupakan faktor yang ikut menentukan seseorang sebelum melakukan keputusan pembelian.Kelompok acuan adalah orang atau kelompok orang yang dapat mempengaruhi perilaku seorang individu baik langsung ataupun tidak langsung.Selain dari kelompok acuan, yang dipertimbangkan konsumen untuk mendatangi sebuah toko adalah Varian produk yang dijual pada toko tesebut.Jika toko tersebut menjual banyak macam dan pilihan produkmaka konsumen akan menilai positif pada toko tersebut dan akan menimbulkan ketertarikan konsumen untuk membeli. Harga juga sebagai pertimbangan seseorang sebelum melakukan keputusan pembelian.Harga pada sebuah toko dapat menarik konsumen untuk membeli produk yang dijual.Penentuan harga yang sesuai dengan daya beli  konsumen dan sesuai dengan produk yang dijual dapat  mempertahankan konsumen dari toko tersebut.

Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif.Dengan metode Non Probability Sampling dengan teknik Insidental Sampling.Populasi pada penelitian ini berjumlah 88 responden yang diketahui dengan menggunakan rumus Taro Yamane.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan data primer (observasi, angket) dan data sekunder (buku, jurnal, literature-literatur lainnya).Pengujian data dengan menggunakan SPSS.Teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis.

Hasil analisis data yang diperoleh menunjukkan bahwa variabel kelompok acuan (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y), variabel varian produk (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y), variabel harga (X3) berpengaruh positif dan signifikan  terhadap keputusan pembelian (Y). Variabel kelompok acuan (X1), varian produk (X2), harga (X3) berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian (Y).

Kata kunci: Kelompok Acuan, Varian Produk, Harga, Keputusan Pembelian

Published
2016-07-26
How to Cite
ANGGUN FIRDAUS, A. (2016). PENGARUH KELOMPOK ACUAN, VARIAN PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKO “WINDY COLLECTION” DUKUN GRESIK. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 4(3). https://doi.org/10.26740/jptn.v4n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 192
PDF Downloads: 1331