PENGARUH KELOMPOK ACUAN, VARIAN PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKO “WINDY COLLECTION” DUKUN GRESIK
Abstract
Sepatu dan sandal saat ini sudah menjadi barang yang wajib digunakan untuk menyempurnakan penampilan.Model dan desain sepatu dan sandal saat ini sudah sangat bermacam-macam.Banyak pilihan model sepatu dan sandal yang membuat pemakai semakin terlihat fashionable.Kelompok acuan merupakan faktor yang ikut menentukan seseorang sebelum melakukan keputusan pembelian.Kelompok acuan adalah orang atau kelompok orang yang dapat mempengaruhi perilaku seorang individu baik langsung ataupun tidak langsung.Selain dari kelompok acuan, yang dipertimbangkan konsumen untuk mendatangi sebuah toko adalah Varian produk yang dijual pada toko tesebut.Jika toko tersebut menjual banyak macam dan pilihan produkmaka konsumen akan menilai positif pada toko tersebut dan akan menimbulkan ketertarikan konsumen untuk membeli. Harga juga sebagai pertimbangan seseorang sebelum melakukan keputusan pembelian.Harga pada sebuah toko dapat menarik konsumen untuk membeli produk yang dijual.Penentuan harga yang sesuai dengan daya beli konsumen dan sesuai dengan produk yang dijual dapat mempertahankan konsumen dari toko tersebut.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif.Dengan metode Non Probability Sampling dengan teknik Insidental Sampling.Populasi pada penelitian ini berjumlah 88 responden yang diketahui dengan menggunakan rumus Taro Yamane.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan data primer (observasi, angket) dan data sekunder (buku, jurnal, literature-literatur lainnya).Pengujian data dengan menggunakan SPSS.Teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis.
Hasil analisis data yang diperoleh menunjukkan bahwa variabel kelompok acuan (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y), variabel varian produk (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y), variabel harga (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Variabel kelompok acuan (X1), varian produk (X2), harga (X3) berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian (Y).
Kata kunci: Kelompok Acuan, Varian Produk, Harga, Keputusan Pembelian
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 1331