PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SMARTFREN ANDROMAX 4G/LTE PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
Abstract
Keputusan pembelian handphone dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adalah kualitas produk dan promosi. Keputusan pembelian adalah proses dimana seseorang benar-benar memutuskan untuk membeli sebuah produk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas produk dan promosi terhadap keputusan pembelian handphone Smartfren Andromax 4G/LTE pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya secara simultan dan parsial. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui variabel yang memiliki pengaruh paling dominan terhadap keputusan pembelian handphone Smartfren Andromax 4G/LTE pada Mahasiswa di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling. Penulis mengumpulkan data dengan menggunakan angket yang diberikan kepada 100 orang mahasiswa sebagai responden. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa uji validitas dan uji reliabilitas, analisis linier berganda, uji hipotesis dengan uji F dan uji t, dan analisis koefisien determinan (R2) yang diolah dengan menggunakan SPSS 16.00 for Windows. Hasil penelitian dengan uji F menunjukkan bahwa kualitas produk dan promosi secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Kemudian melalui uji t diketahui bahwa kualitas produk (X1) tidak memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian, sedangkan promosi (X2) mempunyai pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan penelitian ini disarankan perusahaan terus meningkatkan kualitas produk dan memperluas cakupan promosi sehingga dapat bersaing dan meningkatkan daya tarik konsumen untuk melakukan pembelian.
Kata Kunci: Kualitas Produk, Promosi, Keputusan Pembelian
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 619