PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SMARTFREN ANDROMAX 4G/LTE PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

  • LINA WASIS AYU W

Abstract

Keputusan pembelian handphone dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adalah kualitas produk dan promosi. Keputusan pembelian adalah proses dimana seseorang benar-benar memutuskan untuk membeli sebuah produk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas produk dan promosi terhadap keputusan pembelian handphone Smartfren Andromax 4G/LTE pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya secara simultan dan parsial. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui variabel yang memiliki pengaruh paling dominan terhadap keputusan pembelian handphone Smartfren Andromax 4G/LTE pada Mahasiswa di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling. Penulis mengumpulkan data dengan menggunakan angket yang diberikan kepada 100 orang mahasiswa sebagai responden. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa uji validitas dan uji reliabilitas, analisis linier berganda, uji hipotesis dengan uji F dan uji t, dan analisis koefisien determinan (R2) yang diolah dengan menggunakan SPSS 16.00 for Windows. Hasil penelitian dengan uji F menunjukkan bahwa kualitas produk dan promosi secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Kemudian melalui uji t diketahui bahwa kualitas produk (X1) tidak memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian, sedangkan promosi (X2) mempunyai pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan penelitian ini disarankan perusahaan terus meningkatkan kualitas produk dan memperluas cakupan promosi sehingga dapat bersaing dan meningkatkan daya tarik konsumen untuk melakukan pembelian.

Kata Kunci: Kualitas Produk, Promosi, Keputusan Pembelian

Published
2016-07-27
How to Cite
WASIS AYU W, L. (2016). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SMARTFREN ANDROMAX 4G/LTE PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 4(3). https://doi.org/10.26740/jptn.v4n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 173
PDF Downloads: 619