PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN DAYA TARIK IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOPI TORABIKA CREAMY LATTE (STUDI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA)
Abstract
Di era globalisasi ini persaingan bisnis menjadi sangat tajam, baik di pasar nasional (domestik) maupun di pasar internasional, akibatnya timbul persaingan dalam menciptakan produk-produk yang berkualitas. Salah satu persaingan industri minuman baru yang siap bersaing dan memasuki pasar secara nasional adalah industri kopi. Akan tetapi, persaingan di industri kopi sudah semakin ketat dengan jarak waktu yang singkat. Oleh sebab itu sebagai produsen, PT. Torabika Eka Semesta harus mampu berinovasi dengan strategi pemasaran yang efektif dan terencana guna meningkatkan minat beli konsumen yang berujung pada keputusan untuk membeli produk Kopi Torabika Creamy Latte. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan daya tarik iklan secara simultan dan parsial terhadap keputusan pembelian produk Kopi Torabika Creamy Latte. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif, dalam penelitian ini, populasi penelitian mengacu pada jumlah proporsi setiap jurusan yang ada di Universitas Negeri Surabaya. Sampel yang diambil sebanyak 110 responden dengan karakteristik populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Universitas Negeri Surabaya yang pernah membeli dan mengkonsumsi kopi Torabika Creamy Latte dan menggunakan teknik aksidental sampling dan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk dan daya tarik iklan berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian. Hal ini dapat dilihat dari besarnya nilai Adjusted R Square 0,52 atau 52% dan sisanya 48% dipengaruhi variabel lain di luar penelitian. Hal ini menunjukkan variabel kualitas produk dan daya tarik iklan mempunyai pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian.
Kata Kunci : kualitas produk, daya tarik iklan, keputusan pembelian
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 301