PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN DAYA TARIK IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOPI TORABIKA CREAMY LATTE (STUDI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA)

  • TAUFIQURRACHMAN

Abstract

Di era globalisasi ini persaingan bisnis menjadi sangat tajam, baik di pasar nasional (domestik) maupun di pasar internasional, akibatnya timbul persaingan dalam menciptakan produk-produk yang berkualitas. Salah satu persaingan industri minuman baru yang siap bersaing dan memasuki pasar secara nasional adalah industri kopi. Akan tetapi, persaingan di industri kopi sudah semakin ketat dengan jarak waktu yang singkat. Oleh sebab itu sebagai produsen, PT. Torabika Eka Semesta harus mampu berinovasi dengan strategi pemasaran yang efektif dan terencana guna meningkatkan minat beli konsumen yang berujung pada keputusan untuk membeli produk Kopi Torabika Creamy Latte. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan daya tarik iklan secara simultan dan parsial terhadap keputusan pembelian produk Kopi Torabika Creamy Latte. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif, dalam penelitian ini, populasi penelitian mengacu pada jumlah proporsi setiap jurusan yang ada di Universitas Negeri Surabaya. Sampel yang diambil sebanyak 110 responden dengan karakteristik populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Universitas Negeri Surabaya yang pernah membeli dan mengkonsumsi kopi Torabika Creamy Latte dan menggunakan teknik aksidental sampling dan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk dan daya tarik iklan berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian. Hal ini dapat dilihat dari besarnya nilai Adjusted R Square 0,52 atau 52% dan sisanya 48% dipengaruhi variabel lain di luar penelitian. Hal ini menunjukkan variabel kualitas produk dan daya tarik iklan mempunyai pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian.

Kata Kunci : kualitas produk, daya tarik iklan, keputusan pembelian

Published
2016-07-28
How to Cite
TAUFIQURRACHMAN,. (2016). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN DAYA TARIK IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOPI TORABIKA CREAMY LATTE (STUDI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 4(3). https://doi.org/10.26740/jptn.v4n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 187
PDF Downloads: 301