PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG OBJEK WISATA PEMANDIAN ALAM BANYUBIRU DI WINONGAN KABUPATEN PASURUAN

  • PUTIH INDUNG AYUNDA

Abstract

Obyek wisata merupakan produk jasa yang ditawarkan oleh suatu perusahaan jasa dengan harapan agar konsumen datang untuk berkunjung dan menikmati obyek wisata yang ditawarkan. Untuk dapat menarik minat pengunjung, pengelola harus dapat memberikan kualitas pelayanan yang terbaik untuk menciptakan suatu kepuasan konsumen. Kualitas pelayanan mempunyai lima dimensi yang meliputi bukti langsung (tangible), kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), empati (empathy). Menggunakan sebanyak 110 sampel pengunjung obyek wisata pemandian alam Banyubiru di Winongan Kabupaten Pasuruan. Metode pengumpulan data dengan angket (kuesioner) yang dibagikan kepada pengunjung Obyek Wisata Pemandian Alam Banyubiru. Analisis data yang digunakan yaitu Agresi Linier Berganda.Hasil analisis regresi berganda diperoleh dari Y= -7.973 + 0.018X1 + 0.301X2 + 0.083X3 + 0.013X4 + 0.366X5. hasil pengujian secara simultan diperoleh Fhitung sebesar 31.014 dengan P value 0.000 < 0.05 berdasarkan hasil uji parsial diperoleh pengaruh terhadap kepuasan pengunjung obyek wisata pemandian alam Banyubiru di Winongan Kabupaten Pasuruan untuk bukti langsung (tangible) 1,68%, kehandalan (reliability) 9,43%, daya tanggap (responsiveness) 7%, jaminan (assurance) 1,33%, empati (empathy) 3,37%.Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh signifikan bukti langsung (tangible), kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), empati (empathy) parsial maupun simultan. Saran yang penulis sampaikan, pihak pengelola sebaiknya melakukan penambahan fasilitas serta tenaga kerja. Meningkatkan keselamatan pengunjung dengan memberikan imbauan dan informasi yang jelas dan lebih mengefektifkan komunikasi dengan pengunjung agar merasa nyaman dengan menempatkan pekerja disemua fasilitas di obyek wisata pemandian alam Banyubiru.

Kata kunci: Kualitas Layanan, Kepuasan, Obyek Wisata

Published
2016-07-28
How to Cite
INDUNG AYUNDA, P. (2016). PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG OBJEK WISATA PEMANDIAN ALAM BANYUBIRU DI WINONGAN KABUPATEN PASURUAN. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 4(3). https://doi.org/10.26740/jptn.v4n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 161
PDF Downloads: 259