PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG OBJEK WISATA PEMANDIAN ALAM BANYUBIRU DI WINONGAN KABUPATEN PASURUAN
Abstract
Obyek wisata merupakan produk jasa yang ditawarkan oleh suatu perusahaan jasa dengan harapan agar konsumen datang untuk berkunjung dan menikmati obyek wisata yang ditawarkan. Untuk dapat menarik minat pengunjung, pengelola harus dapat memberikan kualitas pelayanan yang terbaik untuk menciptakan suatu kepuasan konsumen. Kualitas pelayanan mempunyai lima dimensi yang meliputi bukti langsung (tangible), kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), empati (empathy). Menggunakan sebanyak 110 sampel pengunjung obyek wisata pemandian alam Banyubiru di Winongan Kabupaten Pasuruan. Metode pengumpulan data dengan angket (kuesioner) yang dibagikan kepada pengunjung Obyek Wisata Pemandian Alam Banyubiru. Analisis data yang digunakan yaitu Agresi Linier Berganda.Hasil analisis regresi berganda diperoleh dari Y= -7.973 + 0.018X1 + 0.301X2 + 0.083X3 + 0.013X4 + 0.366X5. hasil pengujian secara simultan diperoleh Fhitung sebesar 31.014 dengan P value 0.000 < 0.05 berdasarkan hasil uji parsial diperoleh pengaruh terhadap kepuasan pengunjung obyek wisata pemandian alam Banyubiru di Winongan Kabupaten Pasuruan untuk bukti langsung (tangible) 1,68%, kehandalan (reliability) 9,43%, daya tanggap (responsiveness) 7%, jaminan (assurance) 1,33%, empati (empathy) 3,37%.Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh signifikan bukti langsung (tangible), kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), empati (empathy) parsial maupun simultan. Saran yang penulis sampaikan, pihak pengelola sebaiknya melakukan penambahan fasilitas serta tenaga kerja. Meningkatkan keselamatan pengunjung dengan memberikan imbauan dan informasi yang jelas dan lebih mengefektifkan komunikasi dengan pengunjung agar merasa nyaman dengan menempatkan pekerja disemua fasilitas di obyek wisata pemandian alam Banyubiru.
Kata kunci: Kualitas Layanan, Kepuasan, Obyek Wisata
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 259