PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, LOKASI, DAN KUALITAS LAYANAN  TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI DJAWI LANBISTRO COFFEE AND RESTO SURABAYA

  • APRILLIA DEWI R

Abstract

Dewasa ini, bisnis kuliner yang berkembang telah berbagai ragam seperti bisnis restoran dan bisnis popular catering (cafe, coffee shop, toko roti/ bakery dan steak house). Dalam bisnis kuliner kualitas produk merupakan faktor penting dalam mempengaruhi konsumen mengambil keputusan pembelian. Kualitas produk yang diharapkan konsumen adalah cita rasa yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. Selain kualitas produk, tinggi rendahnya harga yang ditawarkan merupakan bahan pertimbangan yang akan mempengaruhi keputusan pembelian. Pemilihan lokasi suatu usaha juga merupakan hal yang penting, sebab lokasi yang aman, nyaman, serta mudah dijangkau mampu memudahkan konsumen untuk melakukan pembelian. Selain itu, kualitas pelayanan juga mampu mempengaruhi keputusan pembelian jika tingkat keunggulan yang dirasakan sesuai dengan yang diharapkan setelah melakukan pembelian.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga, lokasi dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian di Djawi Lanbistro Coffee and Resto Surabaya baik secara parsial maupun simultan. Populasi dalam penelitian ini konsumen yang sedang melakukan pembalian di Djawi Lanbistro Coffee and Resto. Sampel yang diambil sebanyak 224 responden dengan metode nonprobability sampling dengan teknik incidental sampling. Data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda yang diolah dengan software SPSS 16.00. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan angket.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa variabel kualitas produk berpengaruh sebesar 4.497 terhadap keputusan pembelian di Djawi Lanbistro Coffee and Resto Surabaya. Variabel harga berpengaruh sebesar 5.255. Variabel lokasi berpengaruh sebesar 2.967. Dan kualitas layanan berpengaruh sebesar 5.582. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas produk, harga, lokasi, dan kualitas layanan berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian. Variabel kualitas layanan memiliki pengaruh lebih besar terhadap keputusan pembelian di Djawi Lanbistro Coffee and Resto Surabaya. Berdasarkan besar nilai Adjusted R Square, dapat diketahui variabel kualitas produk, harga, lokasi dan kualitas layanan berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian di Djawi Lanbistro Coffee and Resto Surabaya sebesar 0.153 atau 15% sedangkan sisanya 85% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar variabel yang diteliti oleh peneliti.

Kata Kunci: Kualitas Produk, Harga, Lokasi, Kualitas Layanan, dan Keputusan Pembelian

Published
2016-08-17
How to Cite
DEWI R, A. (2016). PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, LOKASI, DAN KUALITAS LAYANAN  TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI DJAWI LANBISTRO COFFEE AND RESTO SURABAYA. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 4(3). https://doi.org/10.26740/jptn.v4n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 2774
PDF Downloads: 3470