PENGARUH IKLAN TV DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HONDA VARIO DI KABUPATEN GRESIK

  • MELISA KHURZANIA

Abstract

Banyak pilihan model sepeda motor yang membuat pemakai semakin terlihat keren. Semakin banyaknya inovasi sepeda motor saat ini membuat masyarakat bingung memilih kendaraan sepeda motor. "Honda Vario" merupakan salah satu sepeda motor di kabupaten Gresik yang banyak ditemui. Warga kabupaten Gresik harus mampu memilih sepeda motor yang berkualitas baik dimana model sepeda motor saat ini semakin banyak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklan TV dan citra merek terhadap keputusan pembelian Honda Vario di kabupaten Gresik Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan metode purposive sampling. Populasi pada penelitian ini berjumlah 58 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan data primer (observasi dan angket) dan data sekunder (buku, jurnal, literature-literatur lainnya). Pengujian data dengan menggunakan SPSS. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian dengan menggunakan uji t diketahui bahwa variabel iklan (X1) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar 5.160 didukung pula dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000<0,05 dan Variabel Citra Merek (X2) diketahui memiliki nilai sebesar 7.721didukung pula dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000<0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara kelompok iklan TV (X1) dan Citra Merek (X2) terhadap keputusan pembelian. Variabel Citra Merek (X2) memiliki pengaruh dominan dalam keputusan pembelian Honda Vario di kabupaten Gresik.Hal ini dapat dilihat dari besarnya nilai Adjusted R Square sebesar 0,616.

Kata kunci: Iklan TV, Citra Merek, Keputusan Pembelian

Published
2016-08-25
How to Cite
KHURZANIA, M. (2016). PENGARUH IKLAN TV DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HONDA VARIO DI KABUPATEN GRESIK. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 4(3). https://doi.org/10.26740/jptn.v4n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 45
PDF Downloads: 64