PENGARUH IKLAN TV DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HONDA VARIO DI KABUPATEN GRESIK
Abstract
Banyak pilihan model sepeda motor yang membuat pemakai semakin terlihat keren. Semakin banyaknya inovasi sepeda motor saat ini membuat masyarakat bingung memilih kendaraan sepeda motor. "Honda Vario" merupakan salah satu sepeda motor di kabupaten Gresik yang banyak ditemui. Warga kabupaten Gresik harus mampu memilih sepeda motor yang berkualitas baik dimana model sepeda motor saat ini semakin banyak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklan TV dan citra merek terhadap keputusan pembelian Honda Vario di kabupaten Gresik Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan metode purposive sampling. Populasi pada penelitian ini berjumlah 58 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan data primer (observasi dan angket) dan data sekunder (buku, jurnal, literature-literatur lainnya). Pengujian data dengan menggunakan SPSS. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian dengan menggunakan uji t diketahui bahwa variabel iklan (X1) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar 5.160 didukung pula dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000<0,05 dan Variabel Citra Merek (X2) diketahui memiliki nilai sebesar 7.721didukung pula dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000<0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara kelompok iklan TV (X1) dan Citra Merek (X2) terhadap keputusan pembelian. Variabel Citra Merek (X2) memiliki pengaruh dominan dalam keputusan pembelian Honda Vario di kabupaten Gresik.Hal ini dapat dilihat dari besarnya nilai Adjusted R Square sebesar 0,616.
Kata kunci: Iklan TV, Citra Merek, Keputusan Pembelian
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 64