Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa (Studi Pada SMM ISO 9001:2008 Kemahasiswaan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya)
Abstract
Kualitas layanan adalah salah satu hal yang dirasakan oleh mahasiswa yang mengakibatkan kepuasan. Kualitas layanan yang ada di Perguruan Tinggi terbagi menjadi dua yaitu Akademik dan Non Akademik. Salah satu layanan Non Akademik adalah ormawa. Ormawa membantu mengembangan diri mahasiswa terutama dalam hal kepemimpinan. Tingkat kepuasan mahasiswa sangat penting bagi suatu perguruan tinggi Untuk itu perguruan tinggi menetapkan standar yang dipakai. Salah satu standardisasi tersebut adalah ISO 9001:2008. Dengan didapatkannya sertifikat ISO 9001:2008 diharapkan pihak fakultas mampu memberikan layanan yang lebih baik dan berdampak pada kepuasan mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive sampling dengan pendekatan total sampel. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode survei melalui angket yang diisi oleh responden. Sampel penelitian yang digunakan sebanyak 98 responden. Penelitian ini menggunakan metode Analisis Regresi Linear Sederhana. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji T Dari hasil penelitian dengan menggunakan uji T, diketahui bahwa kualitas layanan berpengaruh secara signifikan terhadap Kepuasan mahasiswa.
Kata Kunci : kualitas layanan, ISO 9001:2008, kepuasan mahasiswa
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 104