Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa (Studi Pada SMM ISO 9001:2008 Kemahasiswaan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya)

  • NAFIDZATUL GHOFIROH

Abstract

Kualitas layanan adalah salah satu hal yang dirasakan oleh mahasiswa yang mengakibatkan kepuasan. Kualitas layanan yang ada di Perguruan Tinggi terbagi menjadi dua yaitu Akademik dan Non Akademik. Salah satu layanan Non Akademik adalah ormawa. Ormawa membantu mengembangan diri mahasiswa terutama dalam hal kepemimpinan. Tingkat kepuasan mahasiswa sangat penting bagi suatu perguruan tinggi Untuk itu perguruan tinggi menetapkan standar yang dipakai.  Salah satu standardisasi tersebut adalah ISO 9001:2008. Dengan didapatkannya sertifikat ISO 9001:2008 diharapkan pihak fakultas mampu memberikan layanan yang lebih baik dan berdampak pada kepuasan mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya.

 Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive sampling dengan pendekatan total sampel. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode survei melalui angket yang diisi oleh responden. Sampel penelitian yang digunakan sebanyak 98 responden. Penelitian ini menggunakan metode Analisis Regresi Linear Sederhana. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji T Dari hasil penelitian dengan menggunakan uji T, diketahui bahwa kualitas layanan berpengaruh secara signifikan terhadap Kepuasan mahasiswa.

 

Kata Kunci : kualitas layanan, ISO 9001:2008, kepuasan mahasiswa

Published
2016-08-25
How to Cite
GHOFIROH, N. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa (Studi Pada SMM ISO 9001:2008 Kemahasiswaan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 4(3). https://doi.org/10.26740/jptn.v4n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 68
PDF Downloads: 104