PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KREDIT KEPEMILIKAN RUMAH PADA BTN KANTOR CABANG SURABAYA KCP MOJOKERTO
Abstract
Peningkatan kualitas merupakan salah satu strategi pemasaran. Sebuah perusahaan diharapkan memiliki satu standar kualitas layanan yang tepat dengan secara rinci memperhatikan kemauan pelanggannya. Penelitian ini bertujuan menyelami pengaruh kualitas layanan terhadap keputusan pembelian kredit kepemilikan rumah di BTN Kantor Cabang Surabaya KCP Mojokerto dimana variabel independen yaitu Tangible (X1), Reliability (X2), Responsiveness (X3), Assurance (X4), Emphaty (X5) dan variabel dependen yaitu Keputusan Pembelian (Y). Tujuan penelian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan terhadap keputusan pembelian kredit kepemilikan rumah pada BTN Kantor Cabang Surabaya KCP Mojokerto. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 109 responden dari jumlah populasi sebanyak 150 orang pada KPR BTN Kantor Cabang Surabaya KCP Mojokerto. Dari analisis data statistik, indikator-indikator pada penelitian ini bersifat valid dan variabelnya bersifat reliabel. Pada pengujian asumsi klasik model persamaan regresi linier bebas dari asumsi klasik, data berdistribusi normal dan tidak terjadi heterokedastisitas. Adjusted R-Square sebesar 55% menandakan variabel keputusan pembelian dipengaruhi variabel kualitas layanan, yaitu: Emphaty, Assurance (X4), Reliability (X2), Responsiveness (X3), Tangible (X1) sedangkan sebesar 45% dijelaskan di luar kelima variabel yang digunakan dalam penelitian ini. Teknik data yang digunakan adalah uji analisis regresi linier ganda dengan bantuan SPSS 16 for Windows. Uji F menunjukkan bahwa variabel Tangible (X1), Reliability (X2), Responsiveness (X3), Assurance (X4), Emphaty (X5) secara simultan berpengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian (Y) pada KPR BTN Kantor Cabang Surabaya KCP Mojokerto. Hal tersebut dapat dibuktikan dari nilai sig 0,000 <0,05. Tangible,yReliability,tResponsiveness,sAssurance,fEmphaty terbukti nsecara parsial mempengaruhi keputusan pembelian pada KPR BTN Kantor Cabang Surabaya KCP Mojokerto. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil signifikansi yang dihasilkan variabel Tangible (X1) 0,040, Reliability (X2) 0,012, Responsiveness (X3) 0,001, Assurance (X4) 0,001, dan Emphaty (X5) 0,000. Nilai signifikansi ini <0,005, maka hipotesis diterima.
Kata Kunci : Kualitas Layanan, Keputusan Pembelian
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
![](https://journal.unesa.ac.id/public/site/grafik.png)
![](https://journal.unesa.ac.id/public/site/pdf.png)