UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MELALUI PENGEMBANGAN MEDIA VIRTUAL PADA MATERI SOP PENATAAN PRODUK
Abstract
ABSTRAK
Penggunaan modul cetak pada mata pelajaran penataan barang dagangan kompetensi dasar SOP Penataan Produk selama ini belum mampu membentuk kognitif siswa. Dari fenomena tersebut dapat diatasi menggunakan media pembelajaran modul virtual untuk mata pelajaran penataan barang dagangan yang dikembangkan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui peningkatan kualitas pembelajaran melalui media pembelajaran modul virtual pada mata pelajaran penataan barang dagangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Datanya didapatkan melalui beberapa sumber kepustakaan (study literature) dan observasi. Berdasarkan hasil review diperoleh temuan sebagai berikut : pengembangan media virtual yang semakin baik dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, dengan menghadirkan multimedia pembelajaran yang berpusat pada siswa karena siswa diberi kebebasan memilih bahan pembelajaran sendiri dan belajar sesuai dengan kadar diri sendiri. Melalui media virtual sebagai media pembelajaran dapat menciptakan proses pembelajaran lebih praktis, menarik, interaktif, serta mengefektifkan waktu penyampaian materi, sehingga kualitas pembelajaran dapat meningkat dan penggunaan media pembelajaran modul virtual SOP Penataan Produk dapat membangkitkan motivasi belajar siswa sebagai bagian dari kualitas pembelajaran.
Kata Kunci: model pengembangan, media pembelajaran, modul virtualAuthors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 128