PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN SUASANA TOKO TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKO ALFAMART KETINTANG SURABAYA

Authors

  • FIKI CANDRA

DOI:

https://doi.org/10.26740/jptn.v6n2.p%25p

Abstract

Hasil observasi variabel kualitas layanan pada toko Alfamart Ketintang Surabaya memiliki indikator berwujud, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati yang diperhatikan untuk menunjang kenyamanan pelanggan. Variabel suasana toko menunjukkan kondisi instore dan outstore yang nyaman. Berdasar fakta menunjukkan semakin baik kualitas layanan dan suasana toko akan semakin meningkatkan keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganilisis besarnya pengaruh kualitas layanan dan suasana toko terhadap keputusan pembelian pada toko Alfamart Ketintang Surabaya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuntitatif. Populasi penelitian sebanyak 736 responden. Sampel penelitian ditentukan dengan rumus slovin dengan taraf kesalahan 10% yaitu sebanyak 88 responden. Metode penetapan sampel menggunakan accidental sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumen dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik dan uji regresi linier berganda dengan alat bantu aplikasi SPSS 16.0. Simpulan penelitian ini adalah kondisi variabel kualitas layanan, suasana toko dan keputusan pembelian pada toko Alfamart tergolong kuat. Kualitas layanan secara parsial tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian, suasana toko secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian, kualitas layanan dan suasana toko secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian.

Kata Kunci : Kualitas Layanan, Suasana Toko, Keputusan Pembelian

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-07-18

How to Cite

CANDRA, F. (2018). PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN SUASANA TOKO TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKO ALFAMART KETINTANG SURABAYA. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 6(2). https://doi.org/10.26740/jptn.v6n2.p%p

Issue

Section

Articles
Abstract views: 384 , PDF Downloads: 626