PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU MAKE A MATCH PADA MATERI PERALATAN DISPLAY YANG DIPAKAI KELAS XI PEMASARAN DI SMKN 2 BUDURAN SIDOARJO

  • MIFTA LUTFIA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran kartu Make A Match pada materi peralatan display yang dipakai kelas XI Pemasaran di SMKN 2 Buduran Sidoarjo, untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran kartu Make A Match, dan untuk mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran kartu Make A Match. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development / R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Namun pada penelitian ini hanya sampai tahap develop (pengembangan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persentase dari validasi ahli materi adalah 95,54% dengan kriteria sangat layak dan rata-rata persentase dari validasi media adalah 100% dengan kriteria sangat layak. Sementara hasil angket respon siswa dari uji coba terbatas menunjukkan rata-rata persentase 93,18% dengan kriteria sangat layak dan uji coba lebih lanjut menunjukkan rata-rata persentase 95,45% dengan kategori sangat layak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran kartu Make A Match layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Kata Kunci: model pengembangan, media pembelajaran, kartu make a match
Published
2018-07-18
How to Cite
LUTFIA, M. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU MAKE A MATCH PADA MATERI PERALATAN DISPLAY YANG DIPAKAI KELAS XI PEMASARAN DI SMKN 2 BUDURAN SIDOARJO. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 6(2). https://doi.org/10.26740/jptn.v6n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 40
PDF Downloads: 41