PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU MAKE A MATCH PADA MATERI PERALATAN DISPLAY YANG DIPAKAI KELAS XI PEMASARAN DI SMKN 2 BUDURAN SIDOARJO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran kartu Make A Match pada materi peralatan display yang dipakai kelas XI Pemasaran di SMKN 2 Buduran Sidoarjo, untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran kartu Make A Match, dan untuk mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran kartu Make A Match. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development / R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Namun pada penelitian ini hanya sampai tahap develop (pengembangan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persentase dari validasi ahli materi adalah 95,54% dengan kriteria sangat layak dan rata-rata persentase dari validasi media adalah 100% dengan kriteria sangat layak. Sementara hasil angket respon siswa dari uji coba terbatas menunjukkan rata-rata persentase 93,18% dengan kriteria sangat layak dan uji coba lebih lanjut menunjukkan rata-rata persentase 95,45% dengan kategori sangat layak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran kartu Make A Match layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci: model pengembangan, media pembelajaran, kartu make a matchAuthors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 41