PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL TIGA DIMENSI PADA MATA PELAJARAN PENATAAN BARANG DAGANGAN KOMPETENSI DASAR SOP PENATAAN PRODUK KELAS XI PEMASARAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan media pembelajaran visual tiga dimensi (3D), 2) mengetahui kelayakan media pembelajaran visual 3D, dan 3) mengetahui respon peserta didik terhadap media pembelajaran visual tiga dimensi. Penelitian ini mengadaptasi model pengembangan empat dimensi melalui empat tahap yaitu pendefinisian (Define), perancangan (Design), pengembangan (Develop), dan penyebaran (Disseminate). Visualisasi model tiga dimensi untuk media pembelajaran ini dibuat dengan menggunakan perangkat lunak Google SketchUp.
Instrumen yang digunakan untuk menguji kelayakan media pembelajaran adalah: telaah dan validasi oleh tim ahli beserta angket respon untuk peserta didik. Hasil penilaian oleh ahli materi, media pembelajaran ini dikategorikan sangat layak dengan presentase 92%. Penilaian oleh ahli bahasa dikategorikan layak sebesar 74%. Penilaian oleh ahli media adalah sangat layak dengan presentase 92%. Selain itu, hasil penilaian uji coba terbatas kelas kecil pada peserta didik adalah 97.5%. Selanjutnya setelah dilakukan revisi, hasil yang diperoleh dalam uji coba kelas besar adalah 99.5%.
Kata Kunci: Media Pembelajaran Visual Tiga Dimensi, SketchUp, Penataan Produk
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 59