PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL TIGA DIMENSI PADA MATA PELAJARAN PENATAAN BARANG DAGANGAN KOMPETENSI DASAR SOP PENATAAN PRODUK KELAS XI PEMASARAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

  • DELANTIKA ARFI HERLIANAWATI

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan media pembelajaran visual tiga dimensi (3D), 2) mengetahui kelayakan media pembelajaran visual 3D, dan 3) mengetahui respon peserta didik terhadap media pembelajaran visual tiga dimensi. Penelitian ini mengadaptasi model pengembangan empat dimensi melalui empat tahap yaitu pendefinisian (Define), perancangan (Design), pengembangan (Develop), dan penyebaran (Disseminate). Visualisasi model tiga dimensi untuk media pembelajaran ini dibuat dengan menggunakan perangkat lunak Google SketchUp.

Instrumen yang digunakan untuk menguji kelayakan media pembelajaran adalah: telaah dan validasi oleh tim ahli beserta angket respon untuk peserta didik. Hasil penilaian oleh ahli materi, media pembelajaran ini dikategorikan sangat layak dengan presentase 92%. Penilaian oleh ahli bahasa dikategorikan layak sebesar 74%. Penilaian oleh ahli media adalah sangat layak dengan presentase 92%. Selain itu, hasil penilaian uji coba terbatas kelas kecil pada peserta didik adalah 97.5%. Selanjutnya setelah dilakukan revisi, hasil yang diperoleh dalam uji coba kelas besar adalah 99.5%.

Kata Kunci: Media Pembelajaran Visual Tiga Dimensi, SketchUp, Penataan Produk

Published
2018-07-26
How to Cite
ARFI HERLIANAWATI, D. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL TIGA DIMENSI PADA MATA PELAJARAN PENATAAN BARANG DAGANGAN KOMPETENSI DASAR SOP PENATAAN PRODUK KELAS XI PEMASARAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 6(2). https://doi.org/10.26740/jptn.v6n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 81
PDF Downloads: 59