PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PENATAAN BARANG DAGANGAN KOMPETENSI DASAR SOP PENATAAN PRODUK KELAS XI PEMASARAN SMK NEGERI 1 JOMBANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengembangan bahan ajar berupa modul. Modul yang dihasilkan dirancang secara sistematis untuk mempermudah siswa dalam memahami materi pembelajaran. Modul ini dikembangkan menggunakan model 4D Thiagarajan (1974) sebagai landasan. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI Pemasaran 2 SMK Negeri 1 Jombang. Analisis data dilakukan dengan hasil validasi ahli dan respon siswa. Hasil validasi menurut ahli secara keseluruhan diperoleh presentase sebesar 96,95% dan dinyatakan sangat baik. Sedangkan angket respon siswa secara keseluruhan diperoleh persentase sebesar 89,86% dan dinyatakan sangat baik. Hasil keseluruhan diperoleh rata-rata persentase sebesar 93,40% dengan kriteria sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa modul penataan barang dagangan kompetensi dasar SOP penataan produk di SMK Negeri 1 Jombang sangat baik digunakan sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran di kelas XI jurusan pemasaran SMK Negeri 1 Jombang.
Kata Kunci: Modul, Bahan Ajar, Pengembangan
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 218