PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU SAKU DIGITAL UNTUK KOMPETENSI DASAR TEKNIK MEMPEROLEH MODAL USAHA KELAS X PEMASARAN SMK
Abstract
Abstrak
Media pembelajaran merupakan salah satu faktor yang menunjang tercapainya tujuan pembelajaran. Hal ini berkaitan dengan memanfaatkan media yang tepat dan bervariasi dapat mengurangi sikap pasif siswa, dengan kata lain siswa dapat memahami materi secara maksimal, sehingga tercapainya tujuan pembelajaran yang efektif dan efisien. Media pembelajaran buku saku digital berbasis Android merupakan salah satu pengembangan dari Mobile Learning (M-Learning) kelebihan dari aplikasi buku saku digital ini adalah userfriendly yaitu mudah digunakan dalam pengoperasiannya, praktis penggunaannya serta tidak terlalu banyak memakan ruang dalam sistem untuk menginstal aplikasi ini. Pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan, kelayakan dan respon siswa terhadap pengembangan media pembelajaran buku saku digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi materi memperoleh skor sebesar 91.66%, validasi ahli bahasa sebesar 87.14%, validasi ahli media sebesar 88.57% dan respon siswa sebesar 93%. Secara keseluruhan didapatkan skor sebesar 90.09% yang artinya termasuk dalam kriteria sangat layak.
Kata kunci: Buku Saku Digital, Media Pembelajaran, Model Pengembangan ADDIE.Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 670