ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATERI PRODUCT LIFE CYCLE

  • SITI KHOMARIYAH

Abstract

Penggunaan metode pembelajaran secara konvensional yang diterapkan di SMKN 4 Surabaya masih belum begitu efektif dalam meningkatkan hasil belajar. Selain itu, penggunaan metode konvensional ini juga kurang begitu menarik bagi siswa. Maka dari itu perlu adanya penggunaan media pembelajaran yang variatif dan interaktif untuk menarik minat siswa dan mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Penggunaan media interaktif khususnya video animasi sebagai pendukung proses pembelajaran dapat mempermudah guru dalam menyampaikan informasi kepada siswa. Melalui media video animasi, diharapkan dapat lebih efektif untuk menarik perhatian siswa, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan proses kegiatan belajar mengajar di kelas X Pemasaran SMKN 4 Surabaya, (2) untuk mendeskripsikan penerapan media video animasi pada materi product life cycle kelas%2 pemasaran SMKN 4 Surabaya, (3) Untuk menganalisis efektifitas penerapan media video animasi pada materi product life cycle kelas X pemasaran SMKN 4 Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen murni dengan memberikan formatif test pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah 92 siswa dari program keahlian pemasaran di SMK N 4 Surabaya, sedangkan sampel penelitian adalah 2 kelas atau kelompok yang dipilih dengan teknik purposive samplingTeknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil uji-t menunjukan t hitung > t tabel yang menandai adanya perbedaan hasil belajar yang signifikan pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Simpulan penelitian ini adalah (1) Kondisi pembelajaran siswa kelas X PBR SMKN 4 Surabaya mengalami perbedaan aktivitas positif dan negatif antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen, (2) Penerapan media video animasi pada kelas kontrol dimulai dengan pelaksanaan tahap awal, tahap inti, dan penutup, (3) Penggunaan media pembelajaran video animasi efektif meningkatkan hasil belajar Mata Pelajaran Strategi Pemasaran sub materi Maurity Stage dan Decline stage siswa kelas X SMKN 4 Surabaya.

Kata Kunci: full day school, pendidikan karakter, prestasi belajar.






Published
2018-07-27
How to Cite
KHOMARIYAH, S. (2018). ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATERI PRODUCT LIFE CYCLE. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 6(2). https://doi.org/10.26740/jptn.v6n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 211
PDF Downloads: 189