ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATERI PRODUCT LIFE CYCLE
Abstract
Penggunaan metode pembelajaran secara konvensional yang diterapkan di SMKN 4 Surabaya masih belum begitu efektif dalam meningkatkan hasil belajar. Selain itu, penggunaan metode konvensional ini juga kurang begitu menarik bagi siswa. Maka dari itu perlu adanya penggunaan media pembelajaran yang variatif dan interaktif untuk menarik minat siswa dan mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Penggunaan media interaktif khususnya video animasi sebagai pendukung proses pembelajaran dapat mempermudah guru dalam menyampaikan informasi kepada siswa. Melalui media video animasi, diharapkan dapat lebih efektif untuk menarik perhatian siswa, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan proses kegiatan belajar mengajar di kelas X Pemasaran SMKN 4 Surabaya, (2) untuk mendeskripsikan penerapan media video animasi pada materi product life cycle kelas%2 pemasaran SMKN 4 Surabaya, (3) Untuk menganalisis efektifitas penerapan media video animasi pada materi product life cycle kelas X pemasaran SMKN 4 Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen murni dengan memberikan formatif test pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah 92 siswa dari program keahlian pemasaran di SMK N 4 Surabaya, sedangkan sampel penelitian adalah 2 kelas atau kelompok yang dipilih dengan teknik purposive samplingTeknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil uji-t menunjukan t hitung > t tabel yang menandai adanya perbedaan hasil belajar yang signifikan pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Simpulan penelitian ini adalah (1) Kondisi pembelajaran siswa kelas X PBR SMKN 4 Surabaya mengalami perbedaan aktivitas positif dan negatif antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen, (2) Penerapan media video animasi pada kelas kontrol dimulai dengan pelaksanaan tahap awal, tahap inti, dan penutup, (3) Penggunaan media pembelajaran video animasi efektif meningkatkan hasil belajar Mata Pelajaran Strategi Pemasaran sub materi Maurity Stage dan Decline stage siswa kelas X SMKN 4 Surabaya.
Kata Kunci: full day school, pendidikan karakter, prestasi belajar.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 189