PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL ADOBE FLASH BERBASIS ANDROID PADA KOMPETENSI DASAR KONSEP PEMASARAN ONLINE DI KELAS X PEMASARAN SMK NEGERI 1 SURABAYA
Abstract
Abstrak
Media pembelajaran merupakan suatu sarana yang sangat penting bagi guru untuk menyampaikan materi kepada peserta didik, karena penggunaan media akan membantu peserta didik dalam memahami materi, sehingga mempermudah pelaksanaan proses pembelajaran. Penelitian ini berjudul “Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Adobe Flash Berbasis Android Pada Kompetensi Dasar Konsep Pemasaran Online di Kelas X Pemasaran SMK Negeri 1 Surabaya”. Tujuan dari penelitian ini adalah menyajikan tentang (1) bagaimana pengembangan media pembelajaran audio visual yang dibuat dengan aplikasi Adobe Flash CS6 berbasis Android, (2) kelayakan media pembelajaran audio visual berbasis Android yang divalidasi oleh validator materi dan validator media, (3) respons peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran audio visual berbasis Android kompetensi dasar konsep pemasaran. Penelitian ini mengadopsi teori pengembangan model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X Pemasaran 1 dan 2 SMK Negeri 1 Surabaya. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Pengambilan data menggunakan angket terbuka untuk telaah materi dan angket tertutup untuk validasi materi, validasi media dan respons peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan dapat dinyatakan “Sangat Layak” karena berdasarkan hasil validasi materi memperoleh hasil persentase sebesar 92% dan hasil validasi media memperoleh hasil persentase sebesar 90%. Sedangkan untuk dari respons peserta didik memperoleh hasil persentase sebesar 87.83%, sehingga dapat dikatakan media audio visual berbasis Android mendapat respons yang “Sangat Baik” dari peserta didik.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Android, Pemasaran Online
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 198