Pengembangan Modul pada Materi Analisis SWOT Mata Pelajaran Perencanaan Bisnis Kelas X SMK Pemasaran

  • RINA RAHAYUNINGSIH

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa modul analisis SWOT pada mata pelajaran perencanaan bisnis untuk sekolah menengah kejuruan di program keahlian pemasaran. Berangkat dari ketidaksesuaian bahan ajar yang digunakan di SMKN 10 Surabaya dengan kurikulum yang berlaku, sehingga dikembangkanlah bahan ajar berupa modul analisis SWOT ini. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4D yang terdiri dari 4 tahap penelitian, yaitu: define, design, develop, dan disseminate. Namun, penelitian ini dilakukan hanya sampai pada tahap pengembangan karena tidak dilakukan analisis siswa secara luas. Instrumen yang digunakan adalah lembar telaah, validasi ahli dan angket respons siswa. Hasil uji coba, baik dari para ahli maupun siswa, menunjukkan bahwa modul yang dihasilkan dari penelitian ini dapat diterima, direspons dengan baik, dan layak untuk digunakan dalam kegiatan belajar mengajar. Kelayakan ini dapat diketahui dari hasil penelitian yang diperoleh sebagai berikut: validasi dari komponen kelayakan isi dan penyajian memperoleh persentase 91% dengan kriteria “sangat layak”, komponen kelayakan bahasa memperoleh persentase 82.5% dengan kriteria “sangat layak”, dan komponen grafik memperoleh persentase 98% dengan kriteria “sangat layak”. Keseluruhan hasil validasi modul memperoleh rata-rata persentase sebesar 90.5% dengan kriteria “sangat layak”, dan hasil uji coba terbatas menunjukkan persentase sebesar 87.25% dengan kriteria “sangat baik”.

Kata Kunci: modul, analisis SWOT, perencanaan bisnis.

Published
2018-08-15
How to Cite
RAHAYUNINGSIH, R. (2018). Pengembangan Modul pada Materi Analisis SWOT Mata Pelajaran Perencanaan Bisnis Kelas X SMK Pemasaran. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 6(2). https://doi.org/10.26740/jptn.v6n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 158
PDF Downloads: 186