Pengembangan Modul pada Materi Analisis SWOT Mata Pelajaran Perencanaan Bisnis Kelas X SMK Pemasaran
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa modul analisis SWOT pada mata pelajaran perencanaan bisnis untuk sekolah menengah kejuruan di program keahlian pemasaran. Berangkat dari ketidaksesuaian bahan ajar yang digunakan di SMKN 10 Surabaya dengan kurikulum yang berlaku, sehingga dikembangkanlah bahan ajar berupa modul analisis SWOT ini. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4D yang terdiri dari 4 tahap penelitian, yaitu: define, design, develop, dan disseminate. Namun, penelitian ini dilakukan hanya sampai pada tahap pengembangan karena tidak dilakukan analisis siswa secara luas. Instrumen yang digunakan adalah lembar telaah, validasi ahli dan angket respons siswa. Hasil uji coba, baik dari para ahli maupun siswa, menunjukkan bahwa modul yang dihasilkan dari penelitian ini dapat diterima, direspons dengan baik, dan layak untuk digunakan dalam kegiatan belajar mengajar. Kelayakan ini dapat diketahui dari hasil penelitian yang diperoleh sebagai berikut: validasi dari komponen kelayakan isi dan penyajian memperoleh persentase 91% dengan kriteria “sangat layak”, komponen kelayakan bahasa memperoleh persentase 82.5% dengan kriteria “sangat layak”, dan komponen grafik memperoleh persentase 98% dengan kriteria “sangat layak”. Keseluruhan hasil validasi modul memperoleh rata-rata persentase sebesar 90.5% dengan kriteria “sangat layak”, dan hasil uji coba terbatas menunjukkan persentase sebesar 87.25% dengan kriteria “sangat baik”.
Kata Kunci: modul, analisis SWOT, perencanaan bisnis.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 186